Blog Berita

Penguatan Kemampuan Public Speaking di Bareskrim Mabes Polri

Sabtu, 07 Oktober 2023

Dalam upaya meningkatkan kualitas komunikasi serta membangun citra positif institusi, Bareskrim Mabes Polri mengadakan pelatihan dan sertifikasi public speaking pada tanggal 12, 14, dan 15 September 2023. Pelatihan ini dihadiri oleh 25 personil Bareskrim yang bersemangat untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum mereka. Selain menjadi bagian integral dalam menjalankan tugas mereka sehari-hari, kemampuan public speaking yang baik juga penting untuk memperkuat citra positif institusi di mata masyarakat.

Menggunakan metode tatap muka, sesi pelatihan dilaksanakan di ruang Bagren Mabes Polri. Para peserta diberikan materi yang mencakup konsep dasar komunikasi yang efektif, teknik public speaking, serta cara menyampaikan pesan dengan tepat dan efektif. Selain presentasi dan diskusi, peserta juga diberi kesempatan untuk mempraktikkan apa yang mereka pelajari di hadapan rekan-rekan mereka, memberikan mereka kesempatan untuk mendapatkan masukan langsung dan memperbaiki kemampuan mereka.

Salah satu hal yang membedakan pelatihan ini dari yang lain adalah adanya sertifikasi dari BNSP untuk Ahli Public Speaking. Ini bukan hanya memberi peserta pengakuan atas kemampuan mereka tetapi juga menambah kredibilitas dan profesionalisme mereka saat berbicara di depan publik atau saat mewakili institusi di berbagai forum. Di akhir pelatihan, dengan kebanggaan kami laporkan bahwa semua 25 peserta telah dinyatakan kompeten oleh BNSP berdasarkan hasil uji kompetensi.

Pelatihan dan sertifikasi ini menunjukkan komitmen Bareskrim Mabes Polri dalam meningkatkan kualitas komunikasi internal maupun eksternal. Dengan peserta yang kini lebih percaya diri dan kompeten dalam public speaking, Bareskrim siap untuk menghadapi tantangan komunikasi di era modern dan semakin meningkatkan kesejahteraan serta citra positif institusi di mata publik.


Pelaksanaan pelatihan ini juga mencerminkan upaya berkelanjutan Bareskrim dalam meningkatkan kapasitas profesionalisme personilnya. Dalam lingkup tugas kepolisian, kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif menjadi krusial, tidak hanya dalam memberikan pernyataan resmi namun juga dalam berinteraksi dengan masyarakat luas. Melalui pelatihan ini, personil Bareskrim diberikan bekal untuk tidak hanya menyampaikan informasi, namun juga untuk membangun hubungan kepercayaan dan mengedepankan transparansi dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil.


Selain itu, keberhasilan pelatihan ini menegaskan pentingnya pendidikan berkelanjutan dalam setiap profesi, terutama di sektor keamanan publik seperti kepolisian. Keterampilan komunikasi, khususnya public speaking, dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kredibilitas dan integritas seorang individu maupun institusi. Dengan mengedepankan pelatihan seperti ini, Bareskrim Mabes Polri menunjukkan visi progresifnya dalam mengembangkan sumber daya manusia yang handal dan adaptif di tengah-tengah dinamika masyarakat yang terus berubah.


Penulis / Editor : Al Rahman (tim Kita Kompeten)