Blog Artikel

Bekerja Aman dengan Listrik

Rabu, 01 Maret 2023

Comic Created by : Fatwa Agfany

Artikel Created by : KitaKompeten


Listrik! Mendengar kata tersebut sudah pasti kita akan terbayang bahaya tersengat listrik. Terkadang saat kita merasa bahwa tidak ada yang salah dengan instalasi listrik yang sedang kita sentuh, secara tiba-tiba kita bisa tersengat listrik. Contoh saat kita akan menekan tombol lampu kita pasti pernah beberapa kali tersengat aliran listrik dari tombol lampu tersebut. 

Dari hal kecil yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari ada banyak kejadian berbahaya akan tersengat listrik, apalagi kejadian yang dialami oleh Aa AEBS pada cerita diatas ya. Sudah jatuh plus tersengat listrik. Penyebab paling sederhana dari insiden tersebut adalah kelalaian dari Aa AEBS yang tidak menggunakan Safety Gloves. Walaupun Aa AEBS sudah memakai Safety Helmet dan Safety Vest, tetap saja perlengkapan tersebut tidak memenuhi standard untuk bekerja aman dengan listrik ya teman-teman. 

Lalu, bagaimana cara bekerja aman dengan listrik?

Yang pertama kita harus mengidentifikasi bahaya listrik pada area kerja yang akan kita eksekusi. Kedua, gunakan perangkat sesuai dengan standard keamanan yang telah ditentukan pada area kerja kita. Ketiga, pekerja yang dipekerjakan harus memiliki kompetensi untuk bekerja di bidang kelistrikan. Keempat tidak lupa kita wajib memakai APD yang sudah distandard-kan oleh perusahaan ketika bekerja dengan listrik. 

Ayo, kita jalankan bekerja aman dengan listrik untuk meminimalisasi bahaya tersengat listrik

Dan ikuti 3 Kelas Prakerja K3 dari KitaKompeten, ada K3 Umum, K3 Migas dan K3 Leadership.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi melalui Whatsapp atau dapat check update lainnya di akun Instagram KitaKompeten.