Komunikasi Digital dan kehumasan

Teknik Komunikasi Publik sebagai Public Relation

Kemampuan public speaking bagi seorang praktisi public relation sangat penting dan memiliki peran yang beragam dalam berbagai konteks. Sebagai juru bicara untuk organisasi, perusahaan, atau lembaga, mereka perlu menguasai berbagai aspek komunikasi untuk memastikan pesan yang disampaikan tepat, efektif, dan menguntungkan bagi reputasi pihak yang diwakilinya.

Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Deskripsi

Pekerjaan public relation memiliki peran penting dalam menghubungkan perusahaan dengan berbagai pihak. Seorang public relation dituntut untuk memiliki keterampilan komunikasi yang kuat guna menyampaikan informasi dan kampanye perusahaan dengan tujuan mendapatkan pandangan positif di dunia bisnis maupun masyarakat luas. Dalam kelas ini, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendalami lebih lanjut tentang pekerjaan public relation.

Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan mampu menguasai keterampilan public speaking dengan efektif dan dapat memperlihatkan kemampuan tersebut dalam unjuk keterampilan dengan minimal 70 persen penguasaan materi berupa membuat script sambutan pada sebuah kegiatan promosi.

Tujuan Khusus Pelatihan

Pada pelatihan "Teknik Komunikasi Publik sebagai Public Relation", diharapkan peserta mampu: 

  1. Menjelaskan konsep dasar public speaking
  2. Menunjukkan teknik public speaking dengan menggunakan pola komunikasi yang efektif dengan audiens yang berbeda-beda
  3. Mengatasi hambatan dalam public speaking dengan membangun rasa percaya diri, mengelola kecemasan, dan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.
  4. Menerapkan teknik menjadi moderator dan MC dengan tepat
  5. Membuat langkah-langkah berbicara yang baik dengan teliti menggunakan struktur komunikasi


Rujukan Okupasi

Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020  / 2432 Public Relations Professionals


Rujukan Materi

SKKNI Nomor 32 Tahun 2022 tentang Kehumasan


Aspek Kompetensi

Pengetahuan (Kognitif)

· Konsep Dasar Public Speaking

· Analisis Audiens Pada Kegiatan Public Speaking

· Mengatasi Hambatan dalam Public Speaking

· Seni Menjadi Moderator dan MC

· Teknik Penutupan Public Speaking dan Implementasi Presentasi

Sikap Kerja (Afektif)

· Kritis

· Berpikir Strategis

· Integritas

· Ketekunan

· Teliti

Keterampilan (Psikomotor)

· Menerapkan konsep dasar public speaking

· Menyusun analisis audiens pada saat kegiatan public speaking

Menghasilkan suatu rancangan baru saat ada hambatan yang muncul saat public speaking

· Menerapkan seni menjadi MC dan moderator

· Menerapkan teknik pembukaan dan penutupan pada public speaking serta implementasi presentasi


Jenis Sertifikat:

  1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test

  2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min. 80% nilai unjuk keterampilan

Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating 

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.

  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"


Syarat Peserta: 

  1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun

  2. Pendidikan minimal SMP

  3. Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop

  4. Terkoneksi dengan Internet 

Benefit untuk Peserta:

  1. e-Certificate dari Kita Kompeten

  2. Akses kelas seumur hidup



Kontak Lembaga

Website :  www.kitakompeten.id

Whatsapp : 081210007012 (chat only)

Email :  Info@kitakompeten.id

Instagram  : @kita.kompeten

Form Pengaduan kendala: https://bit.ly/FormInformasidanPengaduanKendala

Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online) 

Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut.

Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut: 

Sesi

Waktu Pelaksanaan

Materi

Sesi 1  

Pukul 09.00 - 12.00 WIB

Konsep Dasar Public Speaking

Sesi 2  

Pukul 09.00 - 12.00 WIB

Analisis Audiens Pada Kegiatan Public Speaking

Sesi 3

Pukul 09.00 - 12.00 WIB

Mengatasi Hambatan dalam Public Speaking

Sesi 4

Pukul 09.00 - 12.00 WIB

Seni Menjadi MC dan Moderator

Sesi 5

Pukul 09.00 - 12.00 WIB

Teori Pembukaan dan Penutupan serta Implementasi Presentasi



Kuota

60 Orang peserta/kelas


Panduan Redeem Voucher

  1. Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
  2. Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
  3. Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
  4. Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di pijar
  5. Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
  6. Kamu harus masukan kode redeem pada hari Senin, pukul 08.00-10.00 WIB
  7. Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
  8. Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk
  9. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telegram berikut : 


Metode Evaluasi:

  • Pre-Test
  • Post-Test
  • Formative Test
  • Tugas Praktik
  • Uji Keterampilan


Tutor 


Noviyani Nuraeni



Noviyani Nuraeni adalah tenaga pengajar yang berpengalaman mengisi pelatihan public speaking pada instansi pemerintah. Kecakapannya tumbuh ketika mengawali karir sebagai reporter di Tv Muhammadiyah. saat ini Novia aktif sebagai pengajar Public Speaking dan Personal branding di  CPROCOM.


Asisten


Abba Zubair Al Awwam

Materi
  1. Selamat datang
  2. Perkenalan Lembaga
  3. Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan
  4. Perkenalan Tutor
  5. Pre-Test Kompetensi
  6. Konsep Dasar Public Speaking
  7. Quis 1 : Konsep Dasar Public Speaking
  8. Praktik Mandiri - Konsep Dasar Public Speaking
  1. Analisis Audiens Pada Kegiatan Public Speaking
  2. Quis 2: Analisis Audiens Pada Kegiatan Public Speaking
  3. Praktik Mandiri : Analisis Audiens Pada Kegiatan Public Speaking
  1. Mengatasi Hambatan dalam Public Speaking
  2. Quis 3: Mengatasi Hambatan dalam Public Speaking
  3. Praktik Mandiri : Mengatasi Hambatan dalam Public Speaking
  1. Seni Menjadi Moderator dan MC
  2. Quis 4: Seni Menjadi Moderator dan MC
  3. Praktik Mandiri : Seni Menjadi Moderator dan MC
  1. Teori Pembukaan dan Penutupan serta Implementasi Presentasi
  2. Quis 5: Teori Pembukaan dan Penutupan serta Implementasi Presentasi
  3. Post-Test Kompetensi
  4. Unjuk Keterampilan
  5. Reflective journal
  6. Evaluasi dan Feedback Program
  7. Terima Kasih
Pilihan Jadwal

Dummy dan Live


08 Januari - 12 Januari 2023
09:00 - 12:00 WIB

Rp 1.500.000
Sisa 50 Kursi lagi !

Tentang Fasilitator

prakerja Komunikasi Digital dan…
image

Tutor LMS 1
-

  5 ( 2 ulasan )

Rp. 1.500.000