Keuangan Pribadi
Merancang Strategi Saluran Pemasaran untuk UMKM
Dibuat oleh
Kita Kompeten
Tentang Program
Details
Digitalisasi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, mengubah cara tradisional interaksi antara konsumen dan bisnis dari tatap muka menjadi virtual. Perubahan ini tidak dapat dihindari, menjadikan pemasaran digital suatu aspek yang sangat penting untuk dipahami. Dengan digitalisasi, terjadi transformasi perilaku konsumen yang kini banyak menghabiskan waktu online dan aktif di media sosial. Konsumen menggunakan layanan online untuk mencari informasi, menyimpan file, mendengarkan musik, mengirim email, dan mengakses platform seperti Google, WhatsApp, Instagram, dan Facebook.
Transaksi jual beli pun semakin terdigitalisasi dengan penggunaan berbagai perangkat terhubung, seperti ponsel pintar, tablet, dan laptop.Ada pandangan yang menyebutkan, "Jika sebuah bisnis tidak dapat ditemukan di Google, mungkin bisnis tersebut dianggap tidak eksis." Pernyataan ini menyoroti pentingnya strategi pemasaran digital, yang dapat menjadi bidang spesialisasi dalam dunia pemasaran perusahaan atau membantu membangun bisnis UMKM.
Tujuan Pembelajaran:
Peserta memiliki pengetahuan dasar pemasaran digital
Peserta mengenal ideal produk bisnis dari hasil survey target pelanggan
Mampu menentukan parameter keberhasilan saluran pemasaran
Mampu mengambil rekomendasi dari hasil evaluasi
Peserta mampu membuat akun, menyusun serta menjalani strategi Google Bisnis, Whatsapp Bisnis,Instagram Bisnis dan Facebook Page
Peserta mampu membuat USP (Unique Selling Point) Produk Bisnis
Peserta mampu membuat pendekatan saluran pemasaran dan editorial plan sesuai target pelanggan
Peserta mampu beradaptasi dengan perubahan tren pasar
Peserta mampu bertanggung jawab terhadap strategi saluran pemasaran yang dibuat
Rujukan Okupasi dan Materi
Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI) 2431.01
SKKNI No. 351 tahun 2014 Tentang Jasa Profesional, Ilmiah Dan Teknis Golongan Pokok Periklanan Dan Penelitian Pasar Bidang Keahlian Periklanan
Aspek Kompetensi
PENGETAHUAN (KOGNISI)
Peserta memiliki pengetahuan dasar pemasaran digital
Peserta mengenal ideal produk bisnis dari hasil survey target pelanggan
Peserta mampu menentukan parameter keberhasilan saluran pemasaran
SIKAP (AFEKSI)
Peserta mampu beradaptasi dengan perubahan tren pasar
Peserta mampu bertanggung jawab terhadap strategi saluran pemasaran yang dibuat
KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
Peserta mampu membuat akun, menyusun serta menjalani strategi Google Bisnis, Whatsapp Bisnis, Instagram Bisnis dan Facebook Page
Peserta mampu membuat USP (Unique Selling Point) Produk Bisnis dengan cermat
Peserta mampu membuat pendekatan saluran pemasaran editorial plan sesuai target pelanggan
Metode pembelajaran
Pelatihan menggunakan moda pembelajaran mandiri ( Asynchronous) menggunakan video pembelajaran.
Sesi - Materi
Sesi 1 - Dasar Pemasaran Digital
Sesi 2 - Riset Pasar
Sesi 3 - Identifikasi USP
Sesi 4 - Produksi Konten Kreatif
Sesi 5 - Matriks Konten Pemasaran
Sesi 6 - Pemahaman Google Bisnis
Sesi 7 - Pemahaman WhatsApp Bisnis
Sesi 8 - Pemahaman IG Bisnis
Sesi 9 - Pemahaman Facebook Pages
Sesi 10 - Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran
Tata Cara/Prosedur
Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu.
Verifikasi Email kamu
Setelah proses verifikasi selesai, Anda diarahkan untuk menuju link pelatihan sebagai berikut: https://www.kitakompeten.id/kelas/preview_kelas/Merancang-Strategi-Saluran-Pemasaran-untuk-UMKM.
Scroll ke bawah untuk menemukan jadwal kelas. Silahkan pilih jadwal kelas Anda.
Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman pembayaran. Silahkan masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk
Untuk Informasi lebih lanjut hubungi:
Email Official: infokita@kitakompeten.id
Admin :+6281210007012
Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan adalah Unsynchronous menggunakan video pembelajaran.
Sesi - Materi
Sesi 1 | Dasar Pemasaran Digital |
Sesi 2 | Riset Pasar |
Sesi 3 | Identifikasi USP |
Sesi 4 | Produksi Konten Kreatif |
Sesi 5 | Matriks Konten Pemasaran |
Sesi 6 | Pemahaman Google Bisnis |
Sesi 7 | Pemahaman WhatsApp Bisnis |
Sesi 8 | Pemahaman IG Bisnis |
Sesi 9 | Pemahaman Facebook Pages |
Sesi 10 | Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran |
Total Durasi
490 menit
Metode Evaluasi
- Pre-Test
- Post-Test
- Tugas Praktik
Instruktur
Andreina Canigia
Materi
- Perkenalan Lembaga
- Selamat datang
- Pre-Test Menjadi Spesialis Pemasaran UMKM dengan menyusun strategi konten
- Perkenalan Pemasaran Digital
- Pengertian Pemasaran Digital
- Dasar Pemasaran Digital
- Perkembangan Tren Konten Pemasaran Digital Bagian 1
- Perkembangan Tren Konten Pemasaran Digital Bagian 2
- Perkembangan Tren Konten Pemasaran Digital Bagian 3
- QUIZ 1 : Dasar Pemasaran Digital
- Pemahaman Riset Pasar Bagian 1
- Pemahaman Riset Pasar Bagian 2
- Pemahaman Riset Pasar Bagian 3
- Pemahaman Riset Pasar Bagian 4
- Menentukan Desain Riset Bagian 1
- Menentukan Desain Riset Bagian 2
- Menentukan Desain Riset Bagian 3
- Metode Pengumpulan Data Bagian 1
- Metode Pengumpulan Data Bagian 2
- Merumuskan Masalah dan Tujuan
- Analisis, Interpretasi Data, dan Platform Target Pelanggan
- Riset Pasar
- QUIZ 2 : Riset Pasar
- Pengertian Unique Selling Point
- Preposisi Produk Bisnis Bagian 1
- Preposisi Produk Bisnis Bagian 2
- Motivasi Pelanggan Membeli Produk Bisnis Bagian 1
- Motivasi Pelanggan Membeli Produk Bisnis Bagian 2
- Identifikasi USP
- QUIZ 3 : Identifikasi USP
- Pengertian Konten Pemasaran Digital
- Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 1
- Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 2
- Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 3
- Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 4
- Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 5
- Pengertian dan Penyusunan Konten Pillar
- pengertian dan Penyusunan Editorial Plan
- Penyusunan Rencana Kampanye Digital bagian 1
- Penyusunan Rencana Kampanye Digital bagian 2
- Penyusunan Rencana Kampanye Digital bagian 3
- Produksi Konten Kreatif
- QUIZ 4 : Produksi Konten Kreatif
- Pengertian istilah-istilah metriks konten pemasaran
- Pengertian dan Penyusunan Metriks Konten Pemasaran
- Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran bagian 1
- Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran Bagian 2
- Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran Bagian 3
- Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran Bagian 4
- Matriks Konten Pemasaran
- QUIZ 5 : Matriks Konten Pemasaran
- Pengenalan Google Bisnis bagian 1
- Pengenalan Google Bisnis Bagian 2
- Fitur-fitur Google Bisnis Bagian 1
- Fitur-fitur Google Bisnis Bagian 2
- Optimalisasi Google Bisnis
- Pemahaman Google Bisnis
- QUIZ 6 : Pemahaman Google Bisnis
- Pengenalan Whatsapp Bisnis Bagian 1
- Pengenalan Whatsapp Bisnis Bagian 2
- Pengenalan Whatsapp Bisnis Bagian 3
- Fitur-fitur Whatsapp Bisnis Bagian 1
- Fitur-fitur Whatsapp Bisnis Bagian 2
- Optimalisasi Whatsapp Bisnis
- Pemahaman Whatsapp Business
- QUIZ 7 : Pemahaman Whatsapp Bisnis
- Pengenalan Instagram Bisnis Bagian 1
- Pengenalan Instagram Bisnis Bagian 2
- Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 1
- Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 2
- Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 3
- Fitur Fitur Instagram Bisnis Bagian 4
- Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 1
- Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 2
- Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 3
- QUIZ 8 : Pemahaman Instagram Bisnis
- Pengenalan Facebook Page bagian 1
- Pengenalan Facebook Page Bagian 2
- Pengenalan Facebook Page Bagian 3
- Fitur-fitur Facebook Page Bagian 1
- Fitur-fitur Facebook Page Bagian 2
- Optimalisasi Facebook Page
- Pemahaman Facebook Page
- QUIZ 9 : Pemahaman Facebook Page
- Konsep komunikasi yang diperlukan untuk Spesialis Pemasaran Bagian 1
- Konsep komunikasi yang diperlukan untuk Spesialis Pemasaran Bagian 2
- Konsep komunikasi yang diperlukan untuk Spesialis Pemasaran Bagian 3
- Konsep Problem Solving Bagian 1
- Konsep Problem Solving Bagian 2
- Konsep Problem Solving Bagian 3
- Rekomendasi dari hasil evaluasi
- Konsep Manajemen Waktu
- Adaptasi Tren Bisnis dan Pasar
- Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran
- QUIZ 10 : Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran
- Post-Test Menjadi Spesialis Pemasaran UMKM dengan menyusun strategi konten
- Praktik Mandiri : Menjadi Spesialis Pemasaran UMKM dengan menyusun strategi konten
- Bahan Bacaan
- Evaluasi dan feedback Program
Pilihan Jadwal
Tentang Fasilitator
![](https://www.kitakompeten.id/superapps/uploads/kelas/kelas_image__666c67c07a1c5_image_20240614225440.jpg)
Merancang Strategi Saluran Pemasaran untuk UMKM
![image](https://www.kitakompeten.id/assets/images/web/blank_photo.png)
Andreina Caniggia
Certified Trainer & asesor