Keuangan Pribadi

Merancang Strategi Saluran Pemasaran untuk UMKM

Program ini dirancang untuk membantu Anda merencanakan dan mengembangkan strategi pemasaran digital yang efektif di berbagai platform terkemuka, seperti Google, WhatsApp, Instagram, dan Facebook, sesuai dengan kebutuhan target pemasaran Anda.




Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Details

Digitalisasi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, mengubah cara tradisional interaksi antara konsumen dan bisnis dari tatap muka menjadi virtual. Perubahan ini tidak dapat dihindari, menjadikan pemasaran digital suatu aspek yang sangat penting untuk dipahami. Dengan digitalisasi, terjadi transformasi perilaku konsumen yang kini banyak menghabiskan waktu online dan aktif di media sosial. Konsumen menggunakan layanan online untuk mencari informasi, menyimpan file, mendengarkan musik, mengirim email, dan mengakses platform seperti Google, WhatsApp, Instagram, dan Facebook. 


Transaksi jual beli pun semakin terdigitalisasi dengan penggunaan berbagai perangkat terhubung, seperti ponsel pintar, tablet, dan laptop.Ada pandangan yang menyebutkan, "Jika sebuah bisnis tidak dapat ditemukan di Google, mungkin bisnis tersebut dianggap tidak eksis." Pernyataan ini menyoroti pentingnya strategi pemasaran digital, yang dapat menjadi bidang spesialisasi dalam dunia pemasaran perusahaan atau membantu membangun bisnis UMKM.


Tujuan Pembelajaran:

  1. Peserta memiliki pengetahuan dasar pemasaran digital

  2. Peserta mengenal ideal produk bisnis dari hasil survey target pelanggan

  3. Mampu menentukan parameter keberhasilan saluran pemasaran

  4. Mampu mengambil rekomendasi dari hasil evaluasi

  5. Peserta mampu membuat akun, menyusun serta menjalani strategi Google Bisnis, Whatsapp Bisnis,Instagram Bisnis dan Facebook Page

  6. Peserta mampu membuat USP (Unique Selling Point) Produk Bisnis

  7. Peserta mampu membuat pendekatan saluran pemasaran dan editorial plan sesuai target pelanggan

  8. Peserta mampu beradaptasi dengan perubahan tren pasar

  9. Peserta mampu bertanggung jawab terhadap strategi saluran pemasaran yang dibuat


Rujukan Okupasi dan Materi

  1. Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI) 2431.01 

  2. SKKNI No. 351 tahun 2014 Tentang Jasa Profesional, Ilmiah Dan Teknis Golongan Pokok Periklanan Dan Penelitian Pasar Bidang Keahlian Periklanan


Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNISI)

  1. Peserta memiliki pengetahuan dasar pemasaran digital

  2. Peserta mengenal ideal produk bisnis dari hasil survey target pelanggan

  3. Peserta mampu menentukan parameter keberhasilan saluran pemasaran

SIKAP (AFEKSI)

  1. Peserta mampu beradaptasi dengan perubahan tren pasar

  2. Peserta mampu bertanggung jawab terhadap strategi saluran pemasaran yang dibuat

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

  1. Peserta mampu membuat akun, menyusun serta menjalani strategi Google Bisnis, Whatsapp Bisnis, Instagram Bisnis dan Facebook Page

  2. Peserta mampu membuat USP (Unique Selling Point) Produk Bisnis dengan cermat

  3. Peserta mampu membuat pendekatan saluran pemasaran editorial plan sesuai target pelanggan


Metode pembelajaran 

Pelatihan menggunakan moda pembelajaran mandiri ( Asynchronous) menggunakan video pembelajaran.


Sesi - Materi

Sesi 1 - Dasar Pemasaran Digital

Sesi 2 - Riset Pasar

Sesi 3 - Identifikasi USP

Sesi 4 - Produksi Konten Kreatif

Sesi 5 - Matriks Konten Pemasaran

Sesi 6 - Pemahaman Google Bisnis

Sesi 7 - Pemahaman WhatsApp Bisnis

Sesi 8 - Pemahaman IG Bisnis

Sesi 9 - Pemahaman Facebook Pages

Sesi 10 - Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran


Tata Cara/Prosedur

  1. Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id

  2. Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan

  3. Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu.

  4. Verifikasi Email kamu

  5. Setelah proses verifikasi selesai, Anda diarahkan untuk menuju link pelatihan sebagai berikut: https://www.kitakompeten.id/kelas/preview_kelas/Merancang-Strategi-Saluran-Pemasaran-untuk-UMKM.

  6. Scroll ke bawah untuk menemukan jadwal kelas. Silahkan pilih jadwal kelas Anda.

  7. Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman pembayaran. Silahkan masukkan voucher lalu klik "submit voucher"

  8. Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.

  9. Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk


Untuk Informasi lebih lanjut hubungi:

Email Official: infokita@kitakompeten.id

Admin :+6281210007012


Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan adalah Unsynchronous menggunakan video pembelajaran.


Sesi - Materi

Sesi 1

Dasar Pemasaran Digital

Sesi 2

Riset Pasar

Sesi 3

Identifikasi USP

Sesi 4

Produksi Konten Kreatif

Sesi 5

Matriks Konten Pemasaran

Sesi 6

Pemahaman Google Bisnis

Sesi 7

Pemahaman WhatsApp Bisnis

Sesi 8

Pemahaman IG Bisnis

Sesi 9

Pemahaman Facebook Pages

Sesi 10

Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran


Total Durasi

490 menit


Metode Evaluasi

  • Pre-Test
  • Post-Test
  • Tugas Praktik


Instruktur

Andreina Canigia

Materi
  1. Perkenalan Lembaga
  2. Selamat datang
  3. Pre-Test Menjadi Spesialis Pemasaran UMKM dengan menyusun strategi konten
  1. Perkenalan Pemasaran Digital
  2. Pengertian Pemasaran Digital
  3. Dasar Pemasaran Digital
  4. Perkembangan Tren Konten Pemasaran Digital Bagian 1
  5. Perkembangan Tren Konten Pemasaran Digital Bagian 2
  6. Perkembangan Tren Konten Pemasaran Digital Bagian 3
  7. QUIZ 1 : Dasar Pemasaran Digital
  1. Pemahaman Riset Pasar Bagian 1
  2. Pemahaman Riset Pasar Bagian 2
  3. Pemahaman Riset Pasar Bagian 3
  4. Pemahaman Riset Pasar Bagian 4
  5. Menentukan Desain Riset Bagian 1
  6. Menentukan Desain Riset Bagian 2
  7. Menentukan Desain Riset Bagian 3
  8. Metode Pengumpulan Data Bagian 1
  9. Metode Pengumpulan Data Bagian 2
  10. Merumuskan Masalah dan Tujuan
  11. Analisis, Interpretasi Data, dan Platform Target Pelanggan
  12. Riset Pasar
  13. QUIZ 2 : Riset Pasar
  1. Pengertian Unique Selling Point
  2. Preposisi Produk Bisnis Bagian 1
  3. Preposisi Produk Bisnis Bagian 2
  4. Motivasi Pelanggan Membeli Produk Bisnis Bagian 1
  5. Motivasi Pelanggan Membeli Produk Bisnis Bagian 2
  6. Identifikasi USP
  7. QUIZ 3 : Identifikasi USP
  1. Pengertian Konten Pemasaran Digital
  2. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 1
  3. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 2
  4. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 3
  5. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 4
  6. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 5
  7. Pengertian dan Penyusunan Konten Pillar
  8. pengertian dan Penyusunan Editorial Plan
  9. Penyusunan Rencana Kampanye Digital bagian 1
  10. Penyusunan Rencana Kampanye Digital bagian 2
  11. Penyusunan Rencana Kampanye Digital bagian 3
  12. Produksi Konten Kreatif
  13. QUIZ 4 : Produksi Konten Kreatif
  1. Pengertian istilah-istilah metriks konten pemasaran
  2. Pengertian dan Penyusunan Metriks Konten Pemasaran
  3. Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran bagian 1
  4. Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran Bagian 2
  5. Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran Bagian 3
  6. Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran Bagian 4
  7. Matriks Konten Pemasaran
  8. QUIZ 5 : Matriks Konten Pemasaran
  1. Pengenalan Google Bisnis bagian 1
  2. Pengenalan Google Bisnis Bagian 2
  3. Fitur-fitur Google Bisnis Bagian 1
  4. Fitur-fitur Google Bisnis Bagian 2
  5. Optimalisasi Google Bisnis
  6. Pemahaman Google Bisnis
  7. QUIZ 6 : Pemahaman Google Bisnis
  1. Pengenalan Whatsapp Bisnis Bagian 1
  2. Pengenalan Whatsapp Bisnis Bagian 2
  3. Pengenalan Whatsapp Bisnis Bagian 3
  4. Fitur-fitur Whatsapp Bisnis Bagian 1
  5. Fitur-fitur Whatsapp Bisnis Bagian 2
  6. Optimalisasi Whatsapp Bisnis
  7. Pemahaman Whatsapp Business
  8. QUIZ 7 : Pemahaman Whatsapp Bisnis
  1. Pengenalan Instagram Bisnis Bagian 1
  2. Pengenalan Instagram Bisnis Bagian 2
  3. Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 1
  4. Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 2
  5. Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 3
  6. Fitur Fitur Instagram Bisnis Bagian 4
  7. Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 1
  8. Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 2
  9. Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 3
  10. QUIZ 8 : Pemahaman Instagram Bisnis
  1. Pengenalan Facebook Page bagian 1
  2. Pengenalan Facebook Page Bagian 2
  3. Pengenalan Facebook Page Bagian 3
  4. Fitur-fitur Facebook Page Bagian 1
  5. Fitur-fitur Facebook Page Bagian 2
  6. Optimalisasi Facebook Page
  7. Pemahaman Facebook Page
  8. QUIZ 9 : Pemahaman Facebook Page
  1. Konsep komunikasi yang diperlukan untuk Spesialis Pemasaran Bagian 1
  2. Konsep komunikasi yang diperlukan untuk Spesialis Pemasaran Bagian 2
  3. Konsep komunikasi yang diperlukan untuk Spesialis Pemasaran Bagian 3
  4. Konsep Problem Solving Bagian 1
  5. Konsep Problem Solving Bagian 2
  6. Konsep Problem Solving Bagian 3
  7. Rekomendasi dari hasil evaluasi
  8. Konsep Manajemen Waktu
  9. Adaptasi Tren Bisnis dan Pasar
  10. Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran
  11. QUIZ 10 : Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran
  1. Post-Test Menjadi Spesialis Pemasaran UMKM dengan menyusun strategi konten
  2. Praktik Mandiri : Menjadi Spesialis Pemasaran UMKM dengan menyusun strategi konten
  1. Bahan Bacaan
  2. Evaluasi dan feedback Program
Pilihan Jadwal

JADWAL


05 Februari - 31 Desember 2025
00:00 - 23.59 WIB

Rp 0
Sisa 1000 Kursi lagi !

Tentang Fasilitator

umum Keuangan Pribadi
image

Andreina Caniggia
Certified Trainer & asesor

  0 (0 ulasan)

Rp. 0