Marketing

Merancang Strategi Saluran Pemasaran untuk UMKM

Program ini dirancang untuk membantu Anda merencanakan dan mengembangkan strategi pemasaran digital yang efektif di berbagai platform terkemuka, seperti Google, WhatsApp, Instagram, dan Facebook, sesuai dengan kebutuhan target pemasaran Anda.




Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Deskripsi Kelas

Digitalisasi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, mengubah cara tradisional interaksi antara konsumen dan bisnis dari tatap muka menjadi virtual. Perubahan ini tidak dapat dihindari, menjadikan pemasaran digital suatu aspek yang sangat penting untuk dipahami.

Dengan digitalisasi, terjadi transformasi perilaku konsumen yang kini banyak menghabiskan waktu online dan aktif di media sosial. Konsumen menggunakan layanan online untuk mencari informasi, menyimpan file, mendengarkan musik, mengirim email, dan mengakses platform seperti Google, WhatsApp, Instagram, dan Facebook. Transaksi jual beli pun semakin terdigitalisasi dengan penggunaan berbagai perangkat terhubung, seperti ponsel pintar, tablet, dan laptop.

Ada pandangan yang menyebutkan, "Jika sebuah bisnis tidak dapat ditemukan di Google, mungkin bisnis tersebut dianggap tidak eksis." Pernyataan ini menyoroti pentingnya strategi pemasaran digital, yang dapat menjadi bidang spesialisasi dalam dunia pemasaran perusahaan atau membantu membangun bisnis UMKM.


Tujuan Khusus

  1. Peserta memiliki pengetahuan dasar pemasaran digital

  2. Peserta mengenal ideal produk bisnis dari hasil survey target pelanggan

  3. Mampu menentukan parameter keberhasilan saluran pemasaran 

  4. Mampu mengambil rekomendasi dari hasil evaluasi

  5. Peserta mampu membuat akun, menyusun serta menjalani strategi Google Bisnis, Whatsapp Bisnis,Instagram Bisnis dan Facebook Page

  6. Peserta mampu membuat USP (Unique Selling Point) Produk Bisnis

  7. Peserta mampu membuat pendekatan saluran pemasaran dan editorial plan sesuai target pelanggan

  8. Peserta mampu beradaptasi dengan perubahan tren pasar

  9. Peserta mampu bertanggung jawab terhadap strategi saluran pemasaran yang dibuat


Rujukan Okupasi

Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI) 2431.03


Rujukan Materi

SKKNI no 389 tahun 2013 


Aspek Kompetensi

Aspek Kompetensi

Detil

PENGETAHUAN (KOGNISI)

Peserta memiliki pengetahuan dasar pemasaran digital

Peserta mengenal ideal produk bisnis dari hasil survey target pelanggan

Peserta mampu menentukan parameter keberhasilan saluran pemasaran

SIKAP (AFEKSI)

Peserta mampu beradaptasi dengan perubahan tren pasar 

Peserta mampu bertanggung jawab terhadap strategi saluran pemasaran yang dibuat 

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

Peserta mampu membuat akun, menyusun serta menjalani strategi Google Bisnis, Whatsapp Bisnis, Instragram Bisnis dan Facebook Page

Peserta mampu membuat USP (Unique Selling Point) Produk Bisnis dengan cermat

Peserta mampu membuat pendekatan saluran pemasaran editorial plan sesuai target pelanggan


Jenis Sertifikat

  1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
  2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta memiliki prosentasi kehadiran dalam rangkaian pelatihan minimal 80%, mendapatkan nilai minimal 60% dari hasil Post-Test dan minimal 80& dari Unjuk Keterampilan.


 Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.
  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"

 

Syarat Peserta:

  1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 6o tahun
  2. Pendidikan minimal SMU/K
  3. Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop
  4. Terkoneksi dengan Internet


 Benefit untuk Peserta:

  1. e-Certificate dari Kita Kompeten
  2. Akses kelas seumur hidup


Kontak Lembaga

Website :  www.kitakompeten.id

Email :  Info@kitakompeten.id

Instagram  : @kita.kompeten

Telegram : https://t.me/KitaKompetenCommunity   

Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan adalah Unsynchronous menggunakan video pembelajaran.


Sesi - Materi

Sesi 1

Dasar Pemasaran Digital

Sesi 2

Riset Pasar

Sesi 3

Identifikasi USP

Sesi 4

Produksi Konten Kreatif

Sesi 5

Matriks Konten Pemasaran

Sesi 6

Pemahaman Google Bisnis

Sesi 7

Pemahaman WhatsApp Bisnis

Sesi 8

Pemahaman IG Bisnis

Sesi 9

Pemahaman Facebook Pages

Sesi 10

Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran


Total Durasi

663 menit


Metode Evaluasi

  • Pre-Test
  • Post-Test
  • Tugas Praktik


Instruktur

Andreina Canigia

Materi
  1. Perkenalan Lembaga
  2. Selamat datang
  3. Pre-Test Menjadi Spesialis Pemasaran UMKM dengan menyusun strategi konten
  1. Perkenalan Pemasaran Digital
  2. Pengertian Pemasaran Digital
  3. Dasar Pemasaran Digital
  4. Perkembangan Tren Konten Pemasaran Digital Bagian 1
  5. Perkembangan Tren Konten Pemasaran Digital Bagian 2
  6. Perkembangan Tren Konten Pemasaran Digital Bagian 3
  7. QUIZ 1 : Dasar Pemasaran Digital
  1. Pemahaman Riset Pasar Bagian 1
  2. Pemahaman Riset Pasar Bagian 2
  3. Pemahaman Riset Pasar Bagian 3
  4. Pemahaman Riset Pasar Bagian 4
  5. Menentukan Desain Riset Bagian 1
  6. Menentukan Desain Riset Bagian 2
  7. Menentukan Desain Riset Bagian 3
  8. Metode Pengumpulan Data Bagian 1
  9. Metode Pengumpulan Data Bagian 2
  10. Merumuskan Masalah dan Tujuan
  11. Analisis, Interpretasi Data, dan Platform Target Pelanggan
  12. Riset Pasar
  13. QUIZ 2 : Riset Pasar
  1. Pengertian Unique Selling Point
  2. Preposisi Produk Bisnis Bagian 1
  3. Preposisi Produk Bisnis Bagian 2
  4. Motivasi Pelanggan Membeli Produk Bisnis Bagian 1
  5. Motivasi Pelanggan Membeli Produk Bisnis Bagian 2
  6. Identifikasi USP
  7. QUIZ 3 : Identifikasi USP
  1. Pengertian Konten Pemasaran Digital
  2. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 1
  3. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 2
  4. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 3
  5. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 4
  6. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 5
  7. Pengertian dan Penyusunan Konten Pillar
  8. pengertian dan Penyusunan Editorial Plan
  9. Penyusunan Rencana Kampanye Digital bagian 1
  10. Penyusunan Rencana Kampanye Digital bagian 2
  11. Penyusunan Rencana Kampanye Digital bagian 3
  12. Produksi Konten Kreatif
  13. QUIZ 4 : Produksi Konten Kreatif
  1. Pengertian istilah-istilah metriks konten pemasaran
  2. Pengertian dan Penyusunan Metriks Konten Pemasaran
  3. Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran bagian 1
  4. Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran Bagian 2
  5. Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran Bagian 3
  6. Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran Bagian 4
  7. Matriks Konten Pemasaran
  8. QUIZ 5 : Matriks Konten Pemasaran
  1. Pengenalan Google Bisnis bagian 1
  2. Pengenalan Google Bisnis Bagian 2
  3. Fitur-fitur Google Bisnis Bagian 1
  4. Fitur-fitur Google Bisnis Bagian 2
  5. Optimalisasi Google Bisnis
  6. Pemahaman Google Bisnis
  7. QUIZ 6 : Pemahaman Google Bisnis
  1. Pengenalan Whatsapp Bisnis Bagian 1
  2. Pengenalan Whatsapp Bisnis Bagian 2
  3. Pengenalan Whatsapp Bisnis Bagian 3
  4. Fitur-fitur Whatsapp Bisnis Bagian 1
  5. Fitur-fitur Whatsapp Bisnis Bagian 2
  6. Optimalisasi Whatsapp Bisnis
  7. Pemahaman Whatsapp Business
  8. QUIZ 7 : Pemahaman Whatsapp Bisnis
  1. Pengenalan Instagram Bisnis Bagian 1
  2. Pengenalan Instagram Bisnis Bagian 2
  3. Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 1
  4. Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 2
  5. Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 3
  6. Fitur Fitur Instagram Bisnis Bagian 4
  7. Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 1
  8. Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 2
  9. Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 3
  10. QUIZ 8 : Pemahaman Instagram Bisnis
  1. Pengenalan Facebook Page bagian 1
  2. Pengenalan Facebook Page Bagian 2
  3. Pengenalan Facebook Page Bagian 3
  4. Fitur-fitur Facebook Page Bagian 1
  5. Fitur-fitur Facebook Page Bagian 2
  6. Optimalisasi Facebook Page
  7. Pemahaman Facebook Page
  8. QUIZ 9 : Pemahaman Facebook Page
  1. Konsep komunikasi yang diperlukan untuk Spesialis Pemasaran Bagian 1
  2. Konsep komunikasi yang diperlukan untuk Spesialis Pemasaran Bagian 2
  3. Konsep komunikasi yang diperlukan untuk Spesialis Pemasaran Bagian 3
  4. Konsep Problem Solving Bagian 1
  5. Konsep Problem Solving Bagian 2
  6. Konsep Problem Solving Bagian 3
  7. Rekomendasi dari hasil evaluasi
  8. Konsep Manajemen Waktu
  9. Adaptasi Tren Bisnis dan Pasar
  10. Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran
  11. QUIZ 10 : Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran
  1. Post-Test Menjadi Spesialis Pemasaran UMKM dengan menyusun strategi konten
  2. Praktik Mandiri : Menjadi Spesialis Pemasaran UMKM dengan menyusun strategi konten
  1. Bahan Bacaan
  2. Evaluasi dan feedback Program
Pilihan Jadwal

JADWAL


05 Februari - 29 Maret 2023
00:00 - 23.59 WIB

Rp 0
Sisa 1000 Kursi lagi !

Tentang Fasilitator

umum Marketing
image

Tutor LMS 1
Certified Trainer & asesor

  0 (0 ulasan)

Gratis!