Indonesia Skill Week

Menyelenggarakan Program Kehumasan Digital untuk Pegawai Humas

Profesional Hubungan Masyarakat (Humas) merupakan jabatan yang dibutuhkan setiap lembaga/instansi. Di era digital. Dengan mengikuti kelas ini, peserta akan diajarkan mengenai kompetensi yang sesuai dengan profesional humas.


28 (Dua puluh delapan Ulasan)

Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Deskripsi Kelas


Profesional Hubungan Masyarakat (Humas) merupakan jabatan yang dibutuhkan setiap lembaga/instansi. Di era digital, setiap lembaga/instansi memiliki audience yang harus dilayani. 

Humas dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi digital dan media sosial dalam penyampaian informasi maupun merespon feedback publik, sehingga dibutuhkan pelatihan mengenai program kehumasan digital.  Dengan mengikuti kelas ini, peserta akan memiliki kompetensi yang sesuai dengan profesional humas.


Tujuan Umum

Peserta mampu menyelenggarakan digital public relations sesuai dengan SKKNI minimal sebanyak satu kali dalam simulasi.


Tujuan Khusus

  1. Peserta memahami tentang profesi Humas dan Digital Public Relations 

  2. Peserta memiliki pengetahuan tentang komunikasi dan bahasa agar mampu mempersiapkan penyelenggaraan digital public relations 

  3. Peserta memiliki pengetahuan tentang teknologi informasi agar mampu mempersiapkan penyelenggaraan digital public relations 

  4. Peserta mampu membuat desain dan konten, serta menyusun rencana kerja untuk penyelenggaraan digital public relations 

  5. Peserta mampu melakukan pengkonversian aktivitas public relations dan gaya bahasa ke dalam kemasan digital sesuai kebutuhan organisasi dan publik sehingga dapat mengelola digital public relations 

  6. Peserta bertanggung jawab dan berorientasi pada kontribusi optimal kehumasan dalam melakukan evaluasi

Rujukan Okupasi

Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI) 2014


Rujukan Materi

SKKNI No 629 tahun 2016 Tentang Pokok Kegiatan Organisasi Bisnis, Pengusaha dan Profesi bidang Kehumasan


Aspek Kompetensi



Aspek Pengetahuan (Knowledge)

Peserta memahami tentang profesi Humas dan Digital Public Relations

Peserta memiliki pengetahuan tentang komunikasi, bahasa, dan teknologi informasi agar mampu mempersiapkan penyelenggaraan digital public relations

Peserta memiliki pengetahuan tentang teknologi informasi agar mampu mempersiapkan penyelenggaraan digital public relations

Aspek Sikap (Attitude)

Peserta bertanggung jawab dan berorientasi pada kontribusi optimal kehumasan dalam menyelenggarakan digital public relations

 


Aspek Keterampilan (Psikomotor)

Peserta mampu membuat desain dan konten, serta menyusun rencana kerja untuk penyelenggaraan digital public relations 

Peserta mampu melakukan pengkonversian aktivitas public relations dan gaya bahasa ke dalam kemasan digital sesuai kebutuhan organisasi dan publik sehingga dapat mengelola digital public relations

 



Jenis Sertifikat

  1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test

  2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta memiliki prosentasi kehadiran dalam rangkaian pelatihan minimal 80%, mendapatkan nilai minimal 60% dari hasil Post-Test dan minimal 80% dari Unjuk Keterampilan.


Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating 

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.

  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"


Syarat Peserta:

  1. Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta min. lulusan SMA/SMK

  2. Memiliki minat terhadap kehumasan

  3. Memiliki media pembelajaran berupa perangkat elektronik


Benefit untuk Peserta:

  1. e-Certificate dari Kita Kompeten

  2. Akses kelas seumur hidup


Kontak Lembaga

Website :  www.kitakompeten.id

Whatsapp : 081210007012 (chat only)

Email :  Info@kitakompeten.id

Instagram  : @kita.kompeten

Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243


Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan adalah Unsynchronous menggunakan video pembelajaran. 

Sesi - Materi

Sesi 

Materi

Sesi 1

Pengantar Humas

Sesi 2

Pengantar Komunikasi

Sesi 3

Penyelenggaraan Digital Public Relations

Sesi 4

Konten Digital Public Relations

Sesi 5

Membuat Desain Konten dan Feedback


Total Durasi

564 menit


Kuota

1000 orang peserta/kelas


Langkah mengakses webinar:     

  1. Masuk ke LMS Kita Kompeten dengan link : www.kitakompeten.id

  2. Pilih Masuk untuk Log-in ke dalam LMS Kita Kompeten

  3. Pilih Menu Kelas Kita di pokok kanan atas

  4. Pilih Kelas yang sudah dibeli

  5. Pilih Aktivitas Webinar dan klik link webinar yang tertera

  6. Anda akan masuk ke dalam ruang belajar Zoom Webinar


Metode Evaluasi

  • Pre-Test

  • Post-Test

  • Tugas Praktik Mandiri


Tutor

Juita Kartini

Saya seorang Corporate Communication dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dalam mengembangkan dan melaksanakan komunikasi eksternal dan internal, tanggung jawab sosial perusahaan, dan mendukung komunikasi pemasaran lintas industri. Saya juga memiliki pengalaman tiga tahun sebagai reporter, yang memperkuat kompetensi saya dalam mengelola hubungan media.

Materi
  1. Perkenalan Lembaga
  2. Perkenalan dengan trainer
  3. Persiapan Bagian 1
  4. Persiapan Bagian 2
  5. Pre Test Kompetensi
  1. Pengertian humas berdasarkan SKKNI Bagian 1
  2. Pengertian humas berdasarkan SKKNI Bagian 2
  3. Pengertian humas berdasarkan SKKNI Bagian 3
  4. Pengertian humas berdasarkan SKKNI Bagian 4
  5. Pengertian humas berdasarkan SKKNI Bagian 5
  6. Pengertian humas berdasarkan SKKNI Bagian 6
  7. Pengertian, Peran dan Fungsi Humas Bagian 1
  8. Pengertian, Peran dan Fungsi Humas Bagian 2
  9. Tugas-tugas Humas Bagian 1
  10. Tugas-tugas Humas Bagian 2
  11. Tugas-tugas Humas Bagian 3
  12. Tugas-tugas Humas Bagian 4
  13. Tugas-tugas Humas Bagian 5
  14. Pengertian Digital Public Relations Bagian 1
  15. Pengertian Digital Public Relations Bagian 2
  16. Materi Pengantar Humas
  17. Quiz 1 : Pengantar Humas
  1. Konsep Komunikasi
  2. Pengertian Bahasa
  3. Bahasa formal, informal, semi formal
  4. Materi Pengantar Komunikasi
  5. Quiz 2 : Pengantar Komunikasi
  1. Merancang Program Kerja Bagian 1
  2. Merancang Program Kerja Bagian 2
  3. Menyusun Anggaran Kerja Bagian 1
  4. Menyusun Anggaran Kerja Bagian 2
  5. Mempersiapkan perangkat keras dan lunak
  6. Memahami situs web berdasarkan peraturan OJK Bagian 1
  7. Memahami situs web berdasarkan peraturan OJK Bagian 2
  8. Memahami situs web berdasarkan peraturan OJK Bagian 3
  9. Memahami situs web berdasarkan peraturan OJK Bagian 4
  10. Memahami situs web berdasarkan peraturan OJK Bagian 5
  11. Mempersiapkan situs web perusahaan
  12. Contoh Mempersiapkan situs web bagian 1
  13. Contoh Mempersiapkan situs web bagian 2
  14. Contoh Mempersiapkan situs web bagian 3
  15. Memahami Pemanfaatan Media Sosial Instansi Bagian 1
  16. Memahami Pemanfaatan Media Sosial Instansi Bagian 2
  17. Memahami Pemanfaatan Media Sosial Instansi Bagian 3
  18. Memahami Pemanfaatan Media Sosial Instansi Bagian 4
  19. Memahami Pemanfaatan Media Sosial Instansi Bagian 5
  20. Studi Kasus Mempersiapkan Situs Web
  21. Mempersiapkan media sosial perusahaan
  22. Berdiskusi dengan konsultan ahli eksternal
  23. Materi Penyelenggaraan Digital Public Relation
  24. Quiz 3 : Mempersiapkan penyelenggaraan digital public relations
  1. Referensi Konten Situs Web Bagian 1
  2. Referensi Konten Situs Web Bagian 2
  3. Referensi Konten Situs Web Bagian 3
  4. Referensi Konten Situs Web Bagian 4
  5. Membuat Pesan Bagian 1
  6. Membuat Pesan Bagian 2
  7. Membuat Konten Situs Web Bagian 1
  8. Membuat Konten Situs Web Bagian 2
  9. Membuat Konten Situs Web Bagian 3
  10. Membuat Konten Situs Web Bagian Studi Kasus
  11. Membuat konten untuk media sosial Bagian 1
  12. Membuat konten untuk media sosial Bagian 2
  13. Mempersiapkan fasilitas feedback Bagian 1
  14. Mempersiapkan fasilitas feedback Bagian 2
  15. Mempersiapkan dan Proses Berdiskusi
  16. Materi Konten Digital Public Relation
  17. Quiz 4 : Membuat digital public relations
  1. Mengaplikasikan Desain dan Konten Bagian 1
  2. Mengaplikasikan Desain dan Konten Bagian 2
  3. Mengaplikasikan Desain dan Konten Bagian 3
  4. Mengaplikasikan Desain dan Konten Bagian 4
  5. Mengaplikasikan Desain dan Konten Bagian 5
  6. Monitoring terhadap feedback Bagian 1
  7. Monitoring terhadap feedback Bagian 2
  8. Merespon feedback Bagian 1
  9. Merespon feedback Bagian 2
  10. Merespon feedback Bagian 3
  11. Membuat Laporan Bagian 1
  12. Membuat Laporan Bagian 2
  13. Memperbarui konten secara berkala
  14. Materi Pengelolaan Digital Public Relation
  15. Quiz 5 : Mengelola digital public relations
  1. Melakukan Evaluasi Bagian 1
  2. Melakukan Evaluasi Bagian 2
  3. Penutup Bagian 1
  4. Penutup Bagian 2
  5. Quiz 6 : Membuat Evaluasi
  1. Tugas Mandiri : Membuat konten untuk situs web
  2. Pengumpulan Praktik Mandiri
  1. Post Test Kompetensi
  1. Evaluasi dan Feedback Program
Pilihan Jadwal

ISW Oktober


24 Oktober - 02 Desember 2023
09.00 - 23.59 WIB

Rp 0
Sisa 912 Kursi lagi !

Pendaftaran belum dibuka

ISW Desember


08 Desember - 15 Januari 2024
00:00 - 23.59

Rp 0
Sisa 930 Kursi lagi !

ISW Februari


29 Februari - 07 April 2024
00:00 - 23:59

Rp 0
Sisa 975 Kursi lagi !

Pendaftaran belum dibuka

ISW APRIL


30 April - 07 Juni 2024
00:00 - 23:59

Rp 0
Sisa 987 Kursi lagi !

Ulasan

Sangat bermanfaat.

Program Kehumasan Digital untuk Pegawai Hubungan Masyarakat (Digital Public Relations) sangat bermanfaat, materi yang disampaikan sangat jelas dan detail, pemateri menyampaikan dengan cara yang komprehensif sehingga mudah dipahami.

Sangat mendapatkan Ilmu dan wawasan Program Kehumasan Digital untuk Pegawai Humas

Menurut Saya semua materi dan penjelasan yang sudah diberikan di Pelatihan yang bertemakan Menyelenggarakan Program Kehumasan Digital untuk Pegawai Humas ini sangat menarik dan mudah dipahami kedepannya saya harap program ini bisa menjadi lebih baik lagi dimasa depan

sangat baik, mudah dipahami, asik, manarik, dan sangat membantu saya dalam menambah pengetahuan dalam hal kehusaman

Tentang Fasilitator

umum Indonesia Skill Week
image

Juita Kartini
Certified Trainer & asesor

  5 ( 28 ulasan )

Gratis!