Komunikasi

Menjalankan Program Loyalitas Pelanggan

Dibalik kemajuan teknologi yang begitu pesat, masih ada manajer yang kurang memiliki keterampilan teknologi dan tidak familiar dengan sistem CRM yang modern sehingga gagal mengelola data pelanggan dengan baik. Akibatnya, hal ini  dapat menghambat analisis dan dapat menurunkan tingkat layanan kepada pelanggan. Ketidakmampuan dalam berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan, serta kurangnya empati, membuat pelanggan merasa diabaikan dan tidak dihargai. Respon yang lambat terhadap keluhan atau permintaan pelanggan, sering kali akibat proses internal yang tidak efisien, memperburuk pengalaman pelanggan. Seperti dilansir dari SAB, kurangnya pelatihan dan dukungan merupakan salah satu alasan utama mengapa penerapan Customer Relationship Management (CRM) gagal di banyak perusahaan.

Selain itu, kurangnya pemahaman terhadap budaya lokal dan preferensi pelanggan menyebabkan layanan yang tidak sesuai dengan ekspektasi, terutama di negara yang beragam seperti Indonesia. Manajer yang tidak efektif dalam memimpin dan memotivasi timnya juga berujung pada rendahnya moral dan tingginya tingkat pergantian karyawan. Manajer yang tidak aktif mencari dan memanfaatkan umpan balik pelanggan mengakibatkan kegagalan pelayanan,  penurunan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Lebih jauh, manajer yang tidak dapat membuat program loyalitas pelanggan menyebabkan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Di tengah isu lingkungan, sudah saatnya perusahaan mengambil peran melalui penerapan CRM dengan program loyalti pelanggan yang berhubungan dengan lingkungan.

Untuk memenuhi tantangan ini, dibutuhkan seorang manajer yang memiliki kompetensi dapat mengidentifikasi kebutuhan informasi pelanggan, menangani keluhan pelanggan, mengukur kepuasan pelanggan, mengukur kepuasan pelanggan, mengelola data pelanggan, dan merancang program loyalitas berbasis lingkungan.

Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Deskripsi Pelatihan 

Pelatihan ini menggunakan moda : Webinar

Okupasi Pelatihan : Relationship Manager

Rujukan Okupasi : Critical Occupation List (COL) 2018

Gambaran Pelatihan

Kepuasan pelanggan dapat dicapai jika terjadi interaksi yang baik antara perusahaan dengan pelanggan. Salah satu metode yang digunakan adalah dengan menjalankan program loyalitas pelanggan. Seorang Relation Manager dapat menjalankan program loyalitas pelanggan yang terukur. Lebih jauh, selaras dengan  isu lingkungan, sudah saatnya perusahaan berperan melalui penerapan CRM dengan program loyalti pelanggan yang berhubungan dengan lingkungan.

Kompetensi yang dilatih

Relation Manager idealnya memiliki kompetensi dalam menjalankan tugas dan perannya seperti mengidentifikasi kebutuhan informasi pelanggan dengan cermat, menangani keluhan pelanggan dengan komunikatif, mengukur kepuasan pelanggan dengan tepat, mengelola data pelanggan dengan teliti, merancang program loyalitas pelanggan dengan bertanggung jawab.

Tujuan Umum Pelatihan 

Peserta pelatihan mampu mengembangkan strategi meningkatkan efektivitas hubungan pelanggan dengan minimal 70 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.

Tujuan Khusus Pelatihan

Pada pelatihan “Menjalankan Program Loyalitas Pelanggan”, diharapkan peserta mampu:

  • Peserta mampu mengidentifikasi kebutuhan informasi pelanggan dengan cermat
  • Peserta mampu menangani keluhan pelanggan dengan komunikatif
  • Peserta mampu mengukur kepuasan pelanggan dengan tepat
  • Peserta mampu mengelola data pelanggan dengan teliti
  • Peserta mampu merancang program loyalitas pelanggan dengan bertanggung jawab

Rujukan Materi
SKKNI NOMOR 170 TAHUN 2016 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Jasa dan Konsultasi Manajemen Bidang Manajemen Hubungan Pelanggan.

Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNITIF)

SIKAP KERJA (AFEKTIF)

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

Kebutuhan informasi pelanggan

Cermat dalam identifikasi kebutuhan informasi pelanggan

Peserta mampu mengidentifikasi kebutuhan informasi pelanggan dengan cermat

Keluhan pelanggan

Komunikatif dalam penanganan keluhan     

Peserta mampu menangani keluhan pelanggan dengan komunikatif

Kepuasan pelanggan

Tepat dalam pengukuran kepuasan pelanggan

Peserta mampu mengukur kepuasan pelanggan dengan tepat

Data pelanggan

Teliti dalam pengelolaan data pelanggan

Peserta mampu mengelola data pelanggan dengan teliti

Program loyalitas pelanggan

Bertanggung jawab dalam perancangan program loyalitas pelanggan

Peserta mampu merancang program loyalitas pelanggan dengan bertanggung jawab



Jenis Sertifikat:

  1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test

  2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min. 80% nilai unjuk keterampilan


Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating 

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.

  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"


Syarat Peserta: 

  1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun

  2. Pendidikan minimal SMA

  3. Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop

  4. Terkoneksi dengan Internet 


Benefit untuk Peserta:

  1. e-Certificate dari Kita Kompeten

  2. Akses kelas seumur hidup



Kontak Lembaga

Website :  www.kitakompeten.id

Whatsapp : 081210007012 (chat only)

Email :  Info@kitakompeten.id

Instagram  : @kita.kompeten

Form Pengaduan kendala: https://bit.ly/FormInformasidanPengaduanKendala

Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online) 

Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut.

Jadwal Pembelajaran

Sesi

Waktu Pelaksanaan

Materi

Sesi 1  

Pukul 19.00-22.00 WIB

Kebutuhan Informasi Pelanggan

Sesi 2  

Pukul 19.00-22.00 WIB

Keluhan Pelanggan

Sesi 3

Pukul 19.00-22.00 WIB

Kepuasan Pelanggan

Sesi 4

Pukul 19.00-22.00 WIB

Data Pelanggan

Sesi 5

Pukul 19.00-22.00 WIB


Program Loyalitas Pelanggan

Kuota

50 orang peserta/kelas


Panduan Redeem Voucher

  1. Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
  2. Buat akun dengan klik "Daftar" pada atas kanan
  3. Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun prakerja kamu
  4. Pilih jadwal pelatihan yang sesuai dengan pilihan kamu sebelumnya di Platform Digital (Pijar, Karier.mu, Pintar, Bukalapak)
  5. Masukkan voucher lalu klik "submit voucher"
  6. Untuk memasukan kode redeem, klik menu "Kelas KITA", pilih kelas dan masukkan kode redeem.
  7. Anda harus masukan kode redeem pada hari Senin, pukul 18.00-20.00 WIB
  8. Anda juga diminta untuk melakukan verifikasi wajah setiap hari.  Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah
  9. Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/redeemlmskk dan di sini https://bit.ly/VerMukPrakerja
  10. Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi  nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)


Cara Mengakses Kelas:

  1. Pastian Anda sudah meredeem voucher dan melakukan verifikasi wajah. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah.
  2. Untuk akses kelas, silahkan klik "KELAS KITA"
  3. Untuk mengakses webinar, pastikan Anda sudah mengerjakan aktivitas hingga Pre-Test
  4. Pastikan Anda memiliki aplikasi zoom
  5. Masuk/Sign-In oada aplikasi zoom. Anda dapat meggunakan "masuk dengan gmail" atau akun zoom Anda
  6. Klik aktivitas "webinar" di dalam LMS Kita Kompeten
  7. Terdapat informasi link zoom, seilahkan klik link tersebut pada waktu kelas dimulai


Metode Evaluasi:

  1. Pre-Test
  2. Post-Test
  3. Formative Test
  4. Tugas Praktik
  5. Uji Keterampilan


Tutor




AFIFA UCI UTAMI

Afifa Uci Utami adalah Direktur Utama PT Mustika Kreasi Indonesia. Ia telah berkecimpung di dunia pendidikan sebagai Trainer di Perkumpulan Gerakan OK OCE. Tentunya dengan pengalaman ia memiliki kemampuan dalam menyusun program pelatihan, mengadakan pelatihan terkait dengan hubungan pelanggan.