Layanan Lembaga Perbankan dan Keuangan Mikro
Menerapkan Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang Perbankan
Di dunia perbankan, Manajer Cabang memiliki peran yang penting sebagai pejabat yang bertanggung jawab di cabang untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan, baik tunai maupun non tunai. Manager Cabang bank harus menguasai pengetahuan dasar tentang pelayanan prima agar dapat memenuhi kebutuhan dan harapan nasabah. Melalui kelas ini, peserta dapat belajar agar dapat memiliki kompetensi standar pelayanan prima dan menerapkannya sebagai Manager Cabang di Industri Perbankan.
Dibuat oleh
Kita Kompeten
Tentang Program
Di dunia perbankan, Manajer Cabang memiliki peran yang penting karena berhadapan langsung dengan nasabah untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan, baik tunai maupun non tunai. Salah satu jenis kompetensi yang mutlak harus dimiliki oleh manajer cabang di dunia perbankan adalah pelayanan prima. Dalam dunia perbankan, pelayanan prima diperlukan untuk memberikan rasa puas terhadap nasabah, sehingga nasabah dapat terpenuhi kebutuhan dan harapannya. Pelayanan prima merupakan salah satu strategi untuk memenangkan persaingan.
Untuk menjalankan tugasnya, manajer cabang di bank harus memiliki sikap seperti teliti, jujur, disiplin dan ramah. Selain itu, manajer cabang di bank juga harus memiliki keterampilan mengelola cabang, mengelola SDM di cabang, mengelola transaksi, komunikasi, mengenal nasabah hingga menangani keluhan nasabah. Dengan kompetensi kemampuan yang disebutkan itu maka akan melahirkan pelayan yang maksimal kepada semua nasabah.
Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan RI (2013), pertumbuhan bisnis perbankan di Indonesia dinilai cukup pesat, mulai dari bank syariah, bank negeri maupun bank rakyat di daerah-daerah, sampai dengan bank swasta. Maka, kebutuhan pekerjaan manajer cabang di perbankan sebagai posisi terdepan dalam pelayanan nasabah akan sejalan dengan meningkatnya perkembangan bisnis.
Manajer Cabang di bank memegang peranan yang berhubungan langsung dengan para nasabah. Sikapnya yang ramah, gesit, dan dapat diandalkan membuat nasabah merasa puas dengan pelayanan prima dari bank tersebut. Setiap bank memiliki prosedur dan tata cara yang berbeda untuk menerapkan pelayanan prima. Pelayanan prima harus ditunjang oleh sumber daya manusia yang handal, mempunyai ciri khas yang berbeda, dan memiliki visi yang jauh kedepan.
Pada tahun 2021, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat, sebanyak 15,9% dari total 535 aduan berasal dari konsumen perbankan (sumber katadata)
Pelayanan yang baik akan menyebabkan nasabah menjadi puas dan menciptakan loyalitas. Namun, di lapangan masih ditemukan banyaknya komplain dari nasabah terkait dengan pelayanan di bank. Untuk itu, Kita Kompeten menghadirkan pelatihan berbasis kompetensi untuk para calon Manajer Cabang maupun Manajer Cabang yang sudah bekerja di bank agar mampu melaksanakan pelayanan prima bagi nasabah seperti memberikan layanan yang dibutuhkan oleh nasabah dan menangani keluhan nasabah, yang dapat menciptakan rasa puas dan loyalitas nasabah.
Tujuan Umum
Peserta pelatihan mampu menerapkan pelayanan prima sebagai Manajer Cabang di Perbankan dengan menunjukkan minimal penilaian 70% pada saat unjuk keterampilan pelayanan prima dalam bentuk dialog (percakapan).
Tujuan Khusus
Setelah mengikuti pelatihan “Menerapkan Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang Perbankan”, diharapkan peserta mampu:
- Melaksanakan pelayanan prima untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan
- Mengaplikasikan dasar pelayanan prima sebagai Manajer Cabang agar nasabah menjadi loyal dan puas
- Menerapkan keterampilan pelayanan prima sebagai Manajer Cabang agar dapat memenangkan hati pelanggan
- Menunjukkan sikap dan cara berpenampilan yang ideal sebagai Manajer Cabang sesuai dengan etika berpakaian di tempat kerja
- Menangani keluhan nasabah dengan sikap yang teliti agar keluhan nasabah dapat tertangani dengan lebih cepat, tepat dan akurat
Rujukan Okupasi
INDOTASK 2020 ; 1346 - Manajer cabang layanan keuangan dan asuransi
Rujukan Materi
- SKKNI No. 183 Tahun 2016 tentang Administrasi Profesional
- SKKNI No. 170 Tahun 2016 tentang Bidang Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management)
- SKKNI No. 326 Tahun 2013 tentang Jasa Keuangan Bukan Asuransi dan Dana Pensiun, Perbankan Konvensional dan Perbankan Syariah, Sub Kelompok Funding and Service
Aspek Kompetensi
Jenis Sertifikat:
- Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
- Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min.80% nilai unjuk keterampilan
Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating :
- Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silakan isi rating.
- Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat".
Syarat Peserta
- Usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun
- Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta minimal lulusan SLTA/Sederajat
- Memiliki minat terhadap pelayanan
- Memiliki media pembelajaran berupa perangkat elektronik
Benefit untuk Peserta:
e-Certificate dari Kita Kompeten
Akses kelas seumur hidup
Kontak Lembaga
Website : www.kitakompeten.id
Nomor Telephone : 081210007012 (WA, chat only)
Email : Info@kitakompeten.id
Instagram : @kita.kompeten
Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243
Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran: Synchronous (Sesi Live Online)
Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut:
Total Durasi
900 menit
Kuota
120 orang peserta/kelas
Langkah mengakses webinar:
Masuk ke LMS Kita Kompeten dengan link : www.kitakompeten.id
· Pilih Masuk untuk Log-in ke dalam LMS Kita Kompeten
· Pilih Menu Kelas Kita di pokok kanan atas
· Pilih Kelas yang sudah dibeli
· Pilih Aktivitas Webinar dan klik link webinar yang tertera
· Anda akan masuk ke dalam ruang belajar Zoom Webinar
Metode Evaluasi
Pre-Test
Post-Test
Formative Test
Tugas Praktik
Uji Keterampilan
TUTOR
Mashida memiliki pengalaman sebagai Teller di Bank Sewu International dan Branch Service Supervisor di Bank NISP. Ia juga pernah menjabat sebagai Cash Management Operation Manager dan Head di Bank OCBC NISP, serta menjadi Tutor di Universitas Terbuka dan Instruktur Pelatihan di LPK Karsa Bakti Lestari. Dalam berbagai posisi tersebut, ia telah memastikan pelayanan nasabah dilakukan dengan sistem dan prosedur yang baik, mengelola lebih dari 600 ATM, serta memberikan pelatihan SKKNI untuk karyawan bank dalam bidang transaksi penukaran valuta asing dan pembayaran uang tunai.
Farida Ariyanti adalah seorang profesional dengan pengalaman di industri perbankan dan koperasi, serta latar belakang pendidikan S1 Biologi. Berpengalaman sebagai Account Officer Micro di PT Bank BRI Syariah, Customer Service dan Teller di Indosurya ISP, serta Kepala Operasional di Koperasi Namasta. Mampu melakukan analisis keuangan, membuat rencana pemasaran, memimpin dan mengkoordinasi aktivitas operasional, serta memberikan penjelasan produk dan prosedur perusahaan kepada nasabah.
ASISTEN TUTOR
Indah Susanti memiliki pengalaman yang luas di industri perbankan sebagai Staff Cash Center, Staff ATM Monitoring, Senior Staff Cash Center, dan Supervisor/Assistant Manager di PT. Bank OCBC NISP selama lebih dari 10 tahun. Selain itu, ia juga menjadi Course Leader di LPK Karsa Bakti Lestari saat ini, memandu pelatihan dalam Sistem Pengelolaan Transfer Dana dan Pengelolaan Uang Tunai. Ia juga memiliki pendidikan DIII Manajemen Keuangan Perbankan dari UPN Veteran Jakarta pada tahun 2003.
Miranty Purnama memiliki pengalaman di beberapa bank dan perusahaan, termasuk sebagai Teller di BANK OCBC NISP dan PT BANK HANA, di mana ia terampil dalam melayani transaksi nasabah dengan baik. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Operation Officer di PT BANK BTPN dan Operation Supervisor di beberapa perusahaan, di mana ia terbiasa dalam melakukan fungsi supervisi, otorisasi, verifikasi, controlling, dan monitoring terkait kegiatan operasional di kantor cabang. Dengan pengalaman yang luas, ia siap membantu dalam memberikan pelatihan terkait kegiatan operasional di bank dan perusahaan.
Materi
- Selamat Datang
- Perkenalan Lembaga
- Tujuan, Materi dan Durasi Pelatihan
- Perkenalan Tutor
- Pre-Test Kompetensi
- Pelayanan Prima
- Quiz Sesi 1 - Pelayanan Prima
- Praktik Mandiri Sesi 1 - Pelayanan Prima
- Dasar Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang
- Quiz Sesi 2 - Dasar Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang
- Praktik Mandiri Sesi 2 - Dasar Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang
- Keterampilan Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang
- Quiz Sesi 3 - Keerampilan Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang
- Praktik Mandiri Sesi 3 - Keterampilan Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang
- Cara Berpenampilan yang Ideal sebagai Manajer Cabang
- Quiz 4 - Cara Berpenampilan yang Ideal sebagai Manajer Cabang
- Praktik Mandiri Sesi 4 - Cara Berpenampilan yang Ideal sebagai Manajer Cabang
- Menangani Keluhan Nasabah
- Quiz Sesi 5 - Menangani Keluhan Nasabah
- Post Test Kompetensi
- Unjuk Keterampilan
- Evaluasi dan Feedback Program
- Terima kasih
Pilihan Jadwal
Dummy dan Live
Rp 1.500.000
Sisa 110 Kursi lagi !
Pendaftaran belum dibuka
Jadwal 1 (18 - 22 September 2023)
Rp 1.500.000
Sisa 118 Kursi lagi !
Pendaftaran belum dibuka
Jadwal 2(25,26,27,29 30 September 2023)
Rp 1.500.000
Sisa 118 Kursi lagi !
Pendaftaran belum dibuka
Jadwal 3 (02 - 06 Oktober 2023)
Rp 1.500.000
Sisa 113 Kursi lagi !
Pendaftaran belum dibuka
Jadwal 4 (09 - 13 Oktober 2023)
Rp 1.500.000
Sisa 115 Kursi lagi !
Pendaftaran belum dibuka
Jadwal 5 (16 - 20 Oktober 2023)
Rp 1.500.000
Sisa 120 Kursi lagi !
Pendaftaran belum dibuka
Jadwal 6 (23 - 27 Oktober 2023)
Rp 1.500.000
Sisa 107 Kursi lagi !
Jadwal 7 ( 30 Oktober - 3 November )
Rp 1.500.000
Sisa 119 Kursi lagi !
Jadwal 8 ( 06 - 10 November )
Rp 1.500.000
Sisa 120 Kursi lagi !
Ulasan
Pelatihannya cukup menarik dan materi yang diberikan mudah dipahami
Kelas yg saya ikuti begtu menarik dan mudah dipahami materinya
Kelas yang saya ikuti begtu menarik dan mudah dipahami
Kelas yg saya pilih sangat menarik dan sangat mudah dipahami juga
programnya sangat bermanfaat dan berguna untuk saya. terima kasih Kita Kompeten
Tentang Fasilitator

Menerapkan Pelayanan Prima sebagai Manajer Cabang Perbankan

Tutor LMS 1
Certified Trainer & asesor