Administrasi

Melaksanakan Kegiatan Administrasi untuk Sekretaris

Pada pelatihan ini, peserta akan belajar mengenai kegiatan administratif sesuai tugas, fungsi dan peran sebagai sekretaris.

Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Deskripsi Kelas

Sekretaris adalah representasi dari perusahaan dan selalu berhubungan dengan semua pihak di perusahaan. Tuntutan terhadap sekretaris menjadi berbeda dan menempatkan sekretaris pada fungsi yang semakin strategis dalam gerak langkah perusahaan. Pada pelatihan ini, peserta akan belajar mengenai kegiatan administratif sesuai tugas, fungsi dan peran sebagai sekretaris. Program ini akan mempelajari terrkait dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap meliputi peran dan fungsinya di bidang administrasi dan manajerial seorang sekretaris

Tujuan Umum

Peserta pelatihan mampu menjalankan tugas administrasi  sebagai seorang sekretaris dengan menunjukkan minimal 70 persen penguasaan materi mengatur jadwal rapat dan notulensi pada saat unjuk keterampilan

Tujuan Khusus

  1. Melaksanakan peran, tugas, fungsi dan tanggung jawab sebagai sekretaris

  2. Merancang pembuatan surat bisnis dan materi presentasi yang menarik

  3. Merancang dokumen bisnis dengan teliti

  4. Merumuskan tata cara pengelolaan surat dan dokumen dengan cermat

  5. Menyusun perjalanan bisnis dengan cekatan

  6. Mengorganisir jadwal rapat dan menunjukkan pembuatan notulen rapat dengan bertanggung jawab

  7. Melakukan penyesuaian sikap dan perilaku terhadap etika sekretaris

Rujukan Okupasi

IndoTaSK 2020

Rujukan Materi

SKKNI No. 183 Tahun 2016 Tentang Administrasi Profesional

Aspek Kompetensi

Aspek Kompetensi

PENGETAHUAN (KOGNISI)

Detil

Peran, tugas, fungsi dan tanggung jawab sebagai sekretaris

Surat bisnis dan materi presentasi

Menyiapkan Dokumen bisnis

Pengelolaan surat dan dokumen

Perencanaan perjalanan bisnis

Jadwal rapat dan pembuatan notulen rapat 

Etika sekretaris

SIKAP KERJA (AFEKSI)

Memperlihatkan sikap sekretaris sesuai dengan peran, tugas, fungsi dan tanggung jawab dengan cekatan

Menunjukkan pembuatan surat bisnis dan materi presentasi dengan cekatan

Merancang dokumen bisnis dengan teliti

Merumuskan pengelolaan surat dan dokumen dengan cekatan

Mengatur perjalanan bisnis dengan cekatan

Mengorganisir jadwal rapat dan menunjukkan pembuatan notulen rapat dengan cerma

Menunjukkan cara beretika yang benar sebagai sekretaris dengan disiplin

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

Melakukan penyesuaian terhadap pekerjaan yang sesuai dengan peran, tugas, fungsi dan tanggung jawab sekretaris.

Menyusun surat bisnis dan materi presentasi 

Membuat dokumen bisnis 

Menyusun tata cara pengelolaan surat dan dokumen

Merancang  perjalanan bisnis 

Menyusun jadwal rapat dan notulen rapat

Melakukan penyesuaian sikap dan perilaku terkait etika sekretaris

Jenis Sertifikat

  • Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test

  • Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi, memiliki min.60% nilai post-test dan min.80% nilai unjuk keterampil

Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silakan isi rating.

  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat".

Syarat Peserta

  1. Usia minimal 18 tahun maksimal 50 tahun
    Pendidikan min. SMA  setara

  2. Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop 

  3. Terkoneksi dengan internet 

  4. Memiliki aplikasi microsoft atau Akun google

Kontak Lembaga

Website :  www.kitakompeten.id

Nomor Telephone : 081210007012 (WA, chat only)

Email :  Info@kitakompeten.id

Instagram  : @kita.kompeten

Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243



Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Synchronous (Sesi Live Online) 

 Pelatihan berbasis daring webinar. Peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online melalui Zoom Meeting dengan jadwal sebagai berikut

Sesi

Waktu Pelaksanaan

Materi

Sesi 1   

Pukul 10.00-13.00 WIB

Peran Sekretaris dan Tugas Sekretaris

Sesi 2     

Pukul 10.00-13.00 WIB

Membuat dan Menyiapkan Dokumen Bisnis

Sesi 3

Pukul 10.00-13.00 WIB

Mengelola Surat dan Dokumen Bisnis

Sesi 4

Pukul 10.00-13.00 WIB

Menangani Perjalanan Bisnis

Sesi 5

Pukul 10.00-13.00 WIB

Menangani Rapat dan Etika Sekretaris

Durasi

900 menit

Kuota

50 Orang peserta/kelas

Langkah Mengakses Webinar

  1. Masuk ke LMS Kita Kompeten dengan link : www.kitakompeten.id
  2. Pilih Masuk untuk Log-in ke dalam LMS Kita Kompeten
  3. Pilih Menu Kelas Kita di pokok kanan atas
  4. Pilih Kelas yang sudah dibeli
  5. Pilih Aktivitas Webinar dan klik link webinar yang tertera
  6. Anda akan masuk ke dalam ruang belajar Zoom Webinar


Jenis Evaluasi

  • Pre-Test
  • Post-Test
  • Formative Test
  • Tugas Praktik
  • Uji Keterampilan

TUTOR

ANDREINA CANIGGIA 


 Andreina Caniggia merupakan seorang profesional yang berpengalaman lama pada bidang administrasi dan sekretaris. Andreina pernah bekerja menjadi sekretaris di beberapa perusahaan, yaitu : PT. Bank QNB Indonesia Tbk, Yoshitex Utama, PT. Bank QNB Indonesia Tbk, Budidjaja & Affiliates, dan Rumah Siap Kerja


TUTOR ASISTEN

FESTI ELGA MARDHIANTI

Festi Elga merupakan seorang profesional yang berpengalaman dalam administrasi. Saat ini, Festi merupakan sekretaris yayasan dan koperasi Pulokambing, serta pelatih pelaku pemberdayaan Masyarakat di Rumah Kreatif Bersatu Nusantara

Materi
  1. Perkenalan Lembaga
  2. Tujuan, Materi, dan Durasi Pelatihan
  3. Pre-Test Kompetensi
  1. Kompetensi dan Pembuatan Surat Sekretaris
  2. Quiz 1: Peran, Tugas, Fungsi dan Kompetensi Sekretaris
  3. Praktik mandiri Kompetensi dan Pembuatan Surat Sekretaris
  1. Membuat dan Menyiapkan Dokumen Bisnis
  2. Quiz 2: Membuat Surat Bisnis dan Materi Presentasi
  3. Praktik mandiri Membuat dan Menyiapkan Dokumen Bisnis
  1. Mengelola Surat dan Dokumen Bisnis
  2. Quiz 3 : Menyiapkan Dokumen Bisnis
  3. Praktik mandiri Mengelola Surat dan Dokumen Bisnis
  1. Menangani Perjalanan Bisnis
  2. Quiz 4: Mengelola surat,dokumen dan menangani perjalan bisnis
  3. Praktik mandiri Menangani Perjalanan Bisnis
  1. Mengatur Jadwal Rapat dan Notulensi
  2. Quiz 5 : Mengatur Jadwal Rapat, Notulensi dan Etika Sekretaris
  1. Post-Test Kompetensi
  2. Unjuk keterampilan
  1. Evaluasi dan Feedback Program
  2. Terima Kasih
Pilihan Jadwal

Jadwal 1


04 Juni - 09 Juni 2023
09.00 - 12.00

Rp 1.500.000
Sisa 50 Kursi lagi !

Pendaftaran belum dibuka
Tentang Fasilitator

prakerja Administrasi
image

Nama
Certified Trainer & asesor

  0 (0 ulasan)

Rp. 1.500.000