Indonesia Skill Week

Belajar Merancang Strategi Saluran Pemasaran untuk Spesialis Pemasaran

Program ini akan membantu kamu merencanakan dan mengembangkan strategi saluran pemasaran digital di berbagai platform teratas seperti Google, Whatsapp, Instagram, Facebook sesuai dengan kebutuhan target pemasaran.

2 (Dua Ulasan)

Dibuat oleh Kita Kompeten

Tentang Program

Deskripsi Kelas

Digitalisasi telah menjadi bagian dari rutinitas kehidupan sehari-hari. Ini membentuk cara tradisional dimana konsumen dan bisnis berinteraksi satu sama lain dari tatap muka menjadi virtual. Perubahan digitalisasi tidak dapat dihindari, sehingga pemasaran digital merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui. Digitalisasi, telah diklaim dapat mengubah perilaku konsumen yang banyak menghabiskan waktu online dan menggunakan media sosial. Konsumen menggunakan layanan online untuk menjelajah pengetahuan, menyimpan file, memutar musik, mengirim email, mengakses Google, Whatsapp,  Instagram, dan Facebook hingga transaksi jual beli dengan berbagai perangkat yang terhubung seperti ponsel pintar, tablet, dan laptop. 

Bahkan ada anggapan, "Jika sebuah bisnis tidak dapat ditemukan di Google, artinya ada kemungkinan bisnis tersebut tidak nyata". Anggapan tersebut juga menyatakan bahwa strategi pemasaran digital merupakan ilmu yang berpeluang untuk menjadi spesialis pemasaran suatu perusahaan atau membangun bisnis UMKM. 

Tujuan Umum

Peserta mampu merencanakan dan mengembangkan strategi saluran pemasaran digital di berbagai platform teratas seperti Google, Whatsapp, Instagram, Facebook sesuai dengan kebutuhan target pemasaran

Tujuan Khusus

  1. Peserta memiliki pengetahuan dasar pemasaran digital

  2. Peserta mengenal ideal produk bisnis dari hasil survey target pelanggan

  3. Mampu menentukan parameter keberhasilan saluran pemasaran 

  4. Mampu mengambil rekomendasi dari hasil evaluasi

  5. Peserta mampu membuat akun, menyusun serta menjalani strategi Google Bisnis, Whatsapp Bisnis,Instagram Bisnis dan Facebook Page

  6. Peserta mampu membuat USP (Unique Selling Point) Produk Bisnis

  7. Peserta mampu membuat pendekatan saluran pemasaran dan editorial plan sesuai target pelanggan

  8. Peserta mampu beradaptasi dengan perubahan tren pasar

  9. Peserta mampu bertanggung jawab terhadap strategi saluran pemasaran yang dibuat


Rujukan Okupasi

Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI) 2431.03

Rujukan Materi

SKKNI no 389 tahun 2013 

Aspek Kompetensi

Aspek Kompetensi

Detil

PENGETAHUAN (KOGNISI)

Peserta memiliki pengetahuan dasar pemasaran digital

Peserta mengenal ideal produk bisnis dari hasil survey target pelanggan

Peserta mampu menentukan parameter keberhasilan saluran pemasaran

SIKAP (AFEKSI)

Peserta mampu beradaptasi dengan perubahan tren pasar 

Peserta mampu bertanggung jawab terhadap strategi saluran pemasaran yang dibuat 

KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)

Peserta mampu membuat akun, menyusun serta menjalani strategi Google Bisnis, Whatsapp Bisnis, Instragram Bisnis dan Facebook Page

Peserta mampu membuat USP (Unique Selling Point) Produk Bisnis dengan cermat

Peserta mampu membuat pendekatan saluran pemasaran editorial plan sesuai target pelanggan

Jenis Sertifikat

  1. Sertifikat Penyelesaian, diterbitkan jika peserta min.80% kehadiran dari keseluruhan sesi dan memiliki min.60% nilai post-test
  2. Sertifikat Penyelesaian berpredikat "Sangat Memuaskan", diterbitkan jika peserta memiliki prosentasi kehadiran dalam rangkaian pelatihan minimal 80%, mendapatkan nilai minimal 60% dari hasil Post-Test dan minimal 80& dari Unjuk Keterampilan.

 Langkah-langkah melihat sertifikat dan mengisi rating

  1. Setelah semua aktivitas tercentang hijau dan progres menunjukan 100%, maka akan muncul kolom rating dan silahkan isi rating.
  2. Setelah itu, sertifikat akan langsung muncul dan dapat ditemukan di tab penilaian pada tombol "Lihat Sertifikat"

 Syarat Peserta:

  1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 6o tahun
  2. Pendidikan minimal SMU/K
  3. Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop
  4. Terkoneksi dengan Internet

 Benefit untuk Peserta:

  1. e-Certificate dari Kita Kompeten
  2. Akses kelas seumur hidup

Harga

Rp.300.000 Rp.150.000

Kontak Lembaga

Website :  www.kitakompeten.id

Email :  Info@kitakompeten.id

Instagram  : @kita.kompeten

Telegram : https://t.me/KitaKompetenCommunity 

Alamat Kantor : Jl. Monas Blk. D No.07, Loa Bakung, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243

 

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan adalah Unsynchronous menggunakan video pembelajaran.

Sesi - Materi

Sesi 1

Dasar Pemasaran Digital

Sesi 2

Riset Pasar

Sesi 3

Identifikasi USP

Sesi 4

Produksi Konten Kreatif

Sesi 5

Matriks Konten Pemasaran

Sesi 6

Pemahaman Google Bisnis

Sesi 7

Pemahaman WhatsApp Bisnis

Sesi 8

Pemahaman IG Bisnis

Sesi 9

Pemahaman Facebook Pages

Sesi 10

Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran


Total Durasi

663 menit


Metode Evaluasi

  • Pre-Test
  • Post-Test
  • Tugas Praktik

Instruktur

Andreina Canigia

Materi
  1. Selamat datang
  2. Perkenalan Lembaga
  3. Pre-Test Menjadi Spesialis Pemasaran UMKM dengan menyusun strategi konten
  1. Perkenalan Pemasaran Digital
  2. Pengertian Pemasaran Digital
  3. Perkembangan Tren Konten Pemasaran Digital Bagian 1
  4. Perkembangan Tren Konten Pemasaran Digital Bagian 2
  5. Perkembangan Tren Konten Pemasaran Digital Bagian 3
  6. Dasar Pemasaran Digital
  7. QUIZ 1 : Dasar Pemasaran Digital
  1. Pemahaman Riset Pasar Bagian 1
  2. Pemahaman Riset Pasar Bagian 2
  3. Pemahaman Riset Pasar Bagian 3
  4. Pemahaman Riset Pasar Bagian 4
  5. Merumuskan Masalah dan Tujuan
  6. Menentukan Desain Riset Bagian 1
  7. Menentukan Desain Riset Bagian 2
  8. Menentukan Desain Riset Bagian 3
  9. Metode Pengumpulan Data Bagian 1
  10. Metode Pengumpulan Data Bagian 2
  11. Analisis, Interpretasi Data, dan Platform Target Pelanggan
  12. Riset Pasar
  13. QUIZ 2 : Riset Pasar
  1. Pengertian Unique Selling Point
  2. Preposisi Produk Bisnis Bagian 1
  3. Preposisi Produk Bisnis Bagian 2
  4. Motivasi Pelanggan Membeli Produk Bisnis Bagian 1
  5. Motivasi Pelanggan Membeli Produk Bisnis Bagian 2
  6. Identifikasi USP
  7. QUIZ 3 : Identifikasi USP
  1. Pengertian Konten Pemasaran Digital
  2. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 1
  3. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 2
  4. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 3
  5. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 4
  6. Formula Efektif Konten Pemasaran dan Standard Visual dan Copywriting bagian 5
  7. Pengertian dan Penyusunan Konten Pillar
  8. pengertian dan Penyusunan Editorial Plan
  9. Penyusunan Rencana Kampanye Digital bagian 1
  10. Penyusunan Rencana Kampanye Digital bagian 2
  11. Penyusunan Rencana Kampanye Digital bagian 3
  12. Produksi Konten Kreatif
  13. QUIZ 4 : Produksi Konten Kreatif
  1. Pengertian istilah-istilah metriks konten pemasaran
  2. Pengertian dan Penyusunan Metriks Konten Pemasaran
  3. Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran bagian 1
  4. Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran Bagian 2
  5. Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran Bagian 3
  6. Parameter Keberhasilan Konten Pemasaran Bagian 4
  7. Matriks Konten Pemasaran
  8. QUIZ 5 : Matriks Konten Pemasaran
  1. Pengenalan Google Bisnis bagian 1
  2. Pengenalan Google Bisnis Bagian 2
  3. Fitur-fitur Google Bisnis Bagian 1
  4. Fitur-fitur Google Bisnis Bagian 2
  5. Optimalisasi Google Bisnis
  6. Pemahaman Google Bisnis
  7. QUIZ 6 : Pemahaman Google Bisnis
  1. Pengenalan Whatsapp Bisnis Bagian 1
  2. Pengenalan Whatsapp Bisnis Bagian 2
  3. Pengenalan Whatsapp Bisnis Bagian 3
  4. Fitur-fitur Whatsapp Bisnis Bagian 1
  5. Fitur-fitur Whatsapp Bisnis Bagian 2
  6. Optimalisasi Whatsapp Bisnis
  7. Pemahaman Whatsapp Business
  8. QUIZ 7 : Pemahaman Whatsapp Bisnis
  1. Pengenalan Instagram Bisnis Bagian 1
  2. Pengenalan Instagram Bisnis Bagian 2
  3. Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 1
  4. Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 2
  5. Fitur-fitur Instagram Bisnis Bagian 3
  6. Fitur Fitur Instagram Bisnis Bagian 4
  7. Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 1
  8. Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 2
  9. Optimalisasi Instagram Bisnis Bagian 3
  10. QUIZ 8 : Pemahaman Instagram Bisnis
  1. Pengenalan Facebook Page bagian 1
  2. Pengenalan Facebook Page Bagian 2
  3. Pengenalan Facebook Page Bagian 3
  4. Fitur-fitur Facebook Page Bagian 1
  5. Fitur-fitur Facebook Page Bagian 2
  6. Optimalisasi Facebook Page
  7. Pemahaman Facebook Page
  8. QUIZ 9 : Pemahaman Facebook Page
  1. Rekomendasi dari hasil evaluasi
  2. Konsep komunikasi yang diperlukan untuk Spesialis Pemasaran Bagian 1
  3. Konsep komunikasi yang diperlukan untuk Spesialis Pemasaran Bagian 2
  4. Konsep komunikasi yang diperlukan untuk Spesialis Pemasaran Bagian 3
  5. Konsep Problem Solving Bagian 1
  6. Konsep Problem Solving Bagian 2
  7. Konsep Problem Solving Bagian 3
  8. Konsep Manajemen Waktu
  9. Adaptasi Tren Bisnis dan Pasar
  10. Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran
  11. QUIZ 10 : Pemahaman Evaluasi dan Rekomendasi Konten Pemasaran
  1. Praktik Mandiri : Menjadi Spesialis Pemasaran UMKM dengan menyusun strategi konten
  2. Post-Test Menjadi Spesialis Pemasaran UMKM dengan menyusun strategi konten
  1. Bahan Bacaan
  2. Evaluasi dan feedback Program
Pilihan Jadwal

ISW Agustus


24 Oktober - 31 Desember 2023
09.00 - 23.59

Rp 40.000
Sisa 995 Kursi lagi !

Pendaftaran belum dibuka

ISW Desember


08 Desember - 15 Maret 2024
00:00 - 23.59

Rp 40.000
Sisa 998 Kursi lagi !

Pendaftaran belum dibuka

ISW Februari


29 Februari - 07 Juni 2024
00:00 - 23.59

Rp 40.000
Sisa 99 Kursi lagi !

Pendaftaran belum dibuka

ISW APRIL


30 April - 07 Agustus 2024
00:00 - 23:59

Rp 40.000
Sisa 100 Kursi lagi !

Pendaftaran belum dibuka

ISW JUNI


10 Juni - 27 Agustus 2024
00:00 - 23:59

Rp 40.000
Sisa 98 Kursi lagi !

Pendaftaran belum dibuka

ISW AGUSTUS 2


19 Agustus - 26 Agustus 2024
00:00 - 23:59

Rp 40.000
Sisa 98 Kursi lagi !

Pendaftaran belum dibuka
Ulasan

Bagus, dengan pelajaran yg di ambil dr web binar ini saya dapat mengetahui pengetahuan yg belum saya pahami

"Pelatihan yang baru saja saya ikuti benar-benar luar biasa. Materi yang disampaikan sangat relevan dan diberikan dengan cara yang mudah dipahami. Instruktur memiliki pemahaman mendalam tentang topiknya dan mampu menjawab semua pertanyaan dengan jelas. Saya juga mengapresiasi penggunaan pendekatan praktis dan studi kasus yang membantu saya mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari ke dalam situasi nyata. Secara keseluruhan, pelatihan ini memberikan nilai tambah yang signifikan untuk pengembangan keterampilan dan pengetahuan saya.

Tentang Fasilitator

umum Indonesia Skill Week
image

Tutor LMS 1

  4 ( 2 ulasan )

50%

Rp. 80.000

Rp. 40.000