Blog Artikel

Pentingnya Penggunaan APD

Rabu, 01 Maret 2023

Comic Created by : Dewi Tiarasari

Artikel Created by : Kita Kompeten


Dari Bapa Rajo dan Aa AEBS kita belajar bahwa penggunaan APD pada area kerja Konstruksi bangunan sangatlah penting.

Banyak kecelakaan kerja terjadi akibat kelalaian dari manusia yang tidak mentaati peraturan K3 ditempat kerja. Mulai dari tertimpa barang yang jatuh, hingga resiko kehilangan nyawa juga dapat terjadi. Lantas apa saja penggunaan APD yang diperlukan ketika bekerja pada area kerja Konstruksi bangunan?

1.      Safety Helmet

Kepala merupakan salah satu komponen penting yang harus digunakan oleh para pekerja Konstruksi bangunan. Safety Helmet digunakan untuk melindungi kepala dari benturan benda yang terjatuh hingga adanya potensi kebakaran serta zat-zat korosif.

2.      Safety Glasses

Area mata sangat rentan dengan debu proyek, benda-benda kecil atau percikan cairan

3.      Safety Gloves

Digunakan untuk melindungi tangan dari luka teriris

4.      Safety Boots

Lingkungan kerja Konstruksi bangunan pasti banyak ditemukan benda yang tajam dan kecil seperti paku, sisa reruntuhan bangunan atau bahkan terpeleset

5.      Safety Vest

Melindungi badan dari suhu panas atau dingin saat bekerja di proyek. Selain itu safet vest juga dapat digunakan sebagai identitas pegawai

6.      Safety Mask

Kotornya udara pada area kerja Konstruksi bangunan, safety mask sangat diperlukan untuk melindungi organ pernapasan kita.

Tidak hanya penggunaan APD saja, tetapi kita juga perlu memperhatikan hazard yang ada disekitar area kerja Konstruksi bangunan agar kita dapat terhindar dari kecelakaan kerja. 

Bersama KitaKompeten, kalian bisa mendapatkan pelatihan K3 yang bersertifikat loh! 

Ada 3 kelas PraKerja Pelatihan K3 di KitaKompeten yaitu K3 Umum, K3 Migas dan K3 Leadership. 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi melalui Whatsapp atau dapat check update lainnya di akun Instagram KitaKompeten.