Blog Artikel

Jenuh dalam Bekerja, Lakukan Tips ini!

Jumat, 28 April 2023

Penulis : Evi Erwiyati (Direktur Kita Kompeten)


Sobat Kita pernah nggak merasa bosan saat bekerja? Ternyata, bosan dalam bekerja adalah hal yang lumrah dirasakan oleh sebagian karyawan, apalagi bagi mereka yang sudah bekerja lebih dari 2 tahun.

Dari banyak sekali pemicu rasa jenuh dalam bekerja, pekerjaan yang dilakukan secara rutin setiap harinya menjadi faktor paling utama.

Ketika sudah merasa jenuh, seseorang akan merasa lelah secara emosi, fisik, dan psikologis akibat melakukan pekerjaan atau rutinitas. Hal ini bisa membuat seseorang kehilangan minat, kemauan, hingga tidak mampu mengerjakan suatu pekerjaan itu lagi. Namun, kondisi ini sebaiknya jangan dijadikan alasan oleh Sobat Kita untuk menurunkan produktivitas dalam bekerja, ya!

Rasa jenuh sebenarnya adalah masalah yang cukup serius untuk dialami para pekerja. Namun, rasa jenuh cenderung dibiarkan begitu saja dan bahkan dipandang sebelah mata. Padahal, rasa jenuh dan bosan yang dialami pekerja dapat berdampak serius pada pekerjaan. Hal tersebut tentunya akan memiliki dampak terhadap efisiensi perusahaan juga. Misalnya, karyawan mungkin saja melakukan banyak kesalahan dalam pekerjaan yang tidak sulit, atau memerlukan tenaga dan waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya remeh.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh dalam bekerja agar kamu bisa kembali bekerja dengan produktif.

1. Ubah suasana kerja

    Suasana kerja yang monoton akan membuat rasa jenuh dalam bekerja. Nah, Sobat Kita bisa melakukan hal-hal berikut untuk mengubah suasana kerja dengan cara :

  • Merapihkan meja kerja.

            Tempat kerja yang berantakan membuat suasana bekerja menjadi kurang nyaman dan memicu rasa bosan. Jadi, Sobat Kita bisa mencoba untuk merapikan meja kerja agar suasana menjadi lebih nyaman. Bisa juga menambahkan tanaman hijau pada meja kerja. Melansir Forbes, meletakkan tanaman hijau yang sesuai dengan ukuran meja kerja membantu untuk menurunkan risiko gangguan kecemasan dan tingkat stres yang tinggi.

  • Bekerja di toko kopi atau kafe yang nyaman.

            Namun, tetap pastikan produktivitas tidak terganggu dengan kondisi ini. Jika Sobat Kita terbiasa mengonsumsi makan siang di kantor, sebaiknya manfaatkan waktu istirahat untuk makan di restoran favorit bersama teman-teman kantor agar menemukan suasana baru. Kegiatan ini juga membuat hubungan dengan teman kantor menjadi lebih akrab.

2. Cuti untuk liburan

    Mengambil jatah cuti untuk liburan bersama teman atau keluarga adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa jenuh dengan pekerjaan. Ketika liburan Anda berakhir, biasanya mood dan suasana hati Anda telah kembali membaik sehingga Anda dapat bekerja dengan optimal.

    Melansir Medium, berlibur menjadi cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa jenuh dalam pekerjaan dan meningkatkan produktivitas saat kembali bekerja. Jadi, sebaiknya segera periksa hak cuti dan siapkan waktu yang tepat untuk berlibur bersama teman maupun keluarga.

3. Belajar kemampuan lain dengan ikut pelatihan karyawan

    Sebaiknya Sobat Kita terus mengasah kemampuan dalam dunia pekerjaan, misalnya mengikuti seminar yang dilakukan di luar kantor. Melansir Life Hack, Sobat Kita bisa mencoba untuk mengasah kemampuan di bidang yang berbeda dengan pekerjaan saat ini.

    Sobat Kita juga bisa mereset ulang pikiran bekerja dengan mendapatkan wawasan lain dengan ikut pelatihan karyawan. Hal itu membuat Sobat Kita mendapatkan gagasan baru dalam bekerja.

    Sobat Kita bisa mencoba belajar hal lain yang selama ini tertunda untuk dikerjakan, misalnya mempelajari bahasa lain agar kemampuan bahasa meningkat, lho! Selain meningkatkan kemampuan diri, tentunya keahlian bahasa yang dimiliki menjadi nilai tambah.

4. Ingat masa depan dan tujuan dalam bekerja

    Coba Sobat Kita ingat-ingat kembali apa tujuan anda bekerja. Untuk apa Sobat Kita bekerja? Apakah untuk membeli rumah? Membahagiakan orang tua? Nabung buat menikah? Dengan mengingat kembali tujuan Kita bekerja, tentu akan membantu menumbuhkan motivasi serta rasa semangat kembali dalam bekerja dan tentu saja menghilangkan rasa jenuh dengan pekerjaan tersebut. Salah satu hal yang menjadi pemicu semangat adalah rencana masa depan yang dimiliki seseorang.

Semoga artikel ini membantu Sobat Kita dalam mengatasi jenuh dalam bekerja ya. Ingat, kita bekerja karena banyak hal yang ingin kita wujudkan. Jadi, yuk semangat lagi!