Blog Artikel

Cara Kerja Aman dan Keselamatan Kerja

Rabu, 01 Maret 2023

Comic Created by : Nailah Khairun

Artikel Created by : Kita Kompeten


Sebelum bekerja pada lingkungan yang rentan dengan kecelakaan kerja, kita perlu memperhatikan cara kerja aman dan keselamatan kerja kita sendiri. 

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk bekerja dengan aman pada lingkungan kerja pengelasan seperti Aa AEBS adalah penggunaan APD yang tepat. Sebab penggunaan APD yang tepat tentu akan meningkatkan efektivitas pekerja dalam melakukan proses pengelasan.

Para pekerja akan merasa aman dari bahaya saat proses pengelasan seperti resiko tersengat listrik, resiko terpapar gas, resiko terluka dan resiko gangguan pendengaran. 

Namun, tidak hanya dari 2 hal tersebut. Training para pekerja juga perlu dilakukan supaya mereka lebih memahami akan keselamatan kerja. Tidak lupa training yang diberikan harus sesuai dengan tugas dan peranan mereka ditempat kerja. 

Dimulai dari hal yang paling sederhana seperti memahami Hazard Sign pada area kerja serta penggunaan APD yang tepat, maka keamanan kerja dan keselamatan kerja satu sama lain dapat tercipta.

 

Yuk, ikuti 3 Kelas Prakerja K3 dari KitaKompeten, ada K3 Umum, K3 Migas dan K3 Leadership.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi melalui Whatsapp atau dapat check update lainnya di akun Instagram KitaKompeten.